4 Tips Untuk Percaya Diri

Percaya diri bukanlah sesuatu yang anda miliki sejak awal melainkan sesuatu yang anda ciptakan, ada beberapa orang yang mungkin sudah percaya diri pada saat masih di bangku sekolah, atau ada beberapa dengan tipe orang yang pendiam. Tapi pada dasarnya percaya diri bukan hanya terletak pada rasa PD kita bahkan terkesan narsis namun percaya diri artinya anda percaya dengan kemampuan anda dan nada pun mengenal siapa diri anda. Untuk itulah percaya diri adalah hal yang kita bentuk. Anda tidak harus menunggu hingga mencapai sesuatu, namun lebih kepada apa yang kita percayai tentang diri kita saat ini.

Akan ada hari-hari buruk dimana kepercayaan diri kita menurun. Menjadi percaya diri bukan berarti anda selalu mengetahui apa yang harus dilakukan, namun anda percaya bisa melewati situasi apapun yang akan anda hadapi.

Berikut 4 Tips untuk lebih percaya diri.

Growth Mindset

Percaya bahwa walaupun anda gagal saat ini, masih ada waktu untuk belajar dan bangkit. Orang yang punya mental pembelajar tahu bahwa hanya ada 2 kemungkinan, yaitu belajar dan hasil. Belajar adalah bagian dari proses yang anda jalani, dan hasil merupakan akhir dari proses anda, namun hal ini akan selalu berkelanjutan seiiring anda selalu berproses untuk menjadi seseorang yang berkualitas, dan kompeten dalam bidangnya.

Self Talk

Apa yang dibicarakan oleh orang lain untuk anda terutama sesuatu yang negatif, tidak akan pernah berpengaruh sampai diri kita sendiri yang mem-validasi. Apa yang anda jalani di tentukan dalam diri anda, jalan anda ditentukan jalan pikiran anda. Tapi selalu bersikap untuk menjadi seorang pendengar yang baik. mulai monolog dengan kata-kata positif karena tanpa kita sadari hal itu sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri.

Body Languange

Cara tercepat untuk mem-boost kepercayaan diri adalah dengan berdiri tegak, membuat eye contact, menarik nafas dalam-dalam atau meniru postur seseorang yang anda anggap sedang percaya diri. Hal ini akan membentuk kesan pertama anda dibenak orang lain, secara penampilan atau bahasa tubuh akan terlihat jelas bagaimana penilaian pertama anda, jadi berikan kesan yang baik, dan pancarkan aura anda dilihat dari cara anda berinteraksi atau menyapa terlebih dahulu.

Jangan Terlalu banyak Berpikir

Pikiran anda seringkali mencari alasan untuk tidak percaya diri, karena itu sebelum alasan itu semakin banyak, langsung lakukan dan apapun hasilnya itu lebih baik daripada tidak pernah mencoba. Alasan ini hanyalah penghambat untuk diri anda, orang yang terlalu banyak alasan biasanya ingin menyembunyikan ketidak mampuan-nya, justru hal itu adalah kelemahan anda, jadi jangan sampai karena alasan yang tidak jelas menghalangi potensi dalam diri anda. Ingat karena kita tidak akan pernah tahu diujung sana diujung sana kita sedang mengubah apa, asalkan kita terus berusaha, kesempatan pun akan muncul menjumpai anda.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.