Pentingnya Mengonsumsi Susu Di Bulan Ramadhan

Pentingnya memperhatikan asupan gizi yang masuk selama Ramadhan merupakan hal yang penting, terlebih saat ini kondisi COVID-19 belum juga usai. Tentunya hal ini membuat tubuh membutuhkan asupan yang bergizi tinggi, salah satunya adalah susu. Para ahli menyebutkan bahwa selain mengandung protein hewani susu juga memiliki kandungan lain seperti lemak, karbohidrat, laktosa, vitamin dan mineral. Saat puasa, anda bisa mengonsumsinya saat sahur dan berbuka puasa agar bisa membuat zat yang hilang dalam tubuh kembali terisi. Berikut merupakan manfaat susu bagi anda yang sedang menunaikan ibadah puasa.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Susu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan selenium. Sementara itu, selenium berperan untuk sistem daya tahan tubuh, pembentukan serta perbaikan DNA dan berperan sebagai antioksidan. Susu juga mengandung vitamin D yang berfungsi untuk mengatur sistem imunitas tubuh dan dapat meningkatkan perrtahanan alami tubuh terhadap segala virus yang menyebabkan penyakit.  

Membuat Istirahat Lebih Nyenyak

Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, susu juga dapat bermanfaat untuk menjadi sumber kloin yang baik. Bagi tubuh kita, kloin berfungsi untuk mendukung proses tidur seseorang. Susu akan membuat tubuh kita menjadi lebih relaks sehingga menimbulkan rasa kantuk dan dapat membuat tidur anda lebih nyenyak.

Sumber Energi

Susu dapat menjadi sumber energi baik bagi tubuh karena kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Anda disarankan untuk mengonsumsinya saat sahur karena dapat menambah jumlah kalori yang diperlukan tubuh sehingga dapat menunjang energi anda selama berpuasa. Kalori yang terkandung dalam susu sebanyak 4kkal/gram untuk karbohidrat dan protein, sedangkan protein sebanyak 9kkal/gram untuk lemaknya.

Mempercepat Proses Penyembuhan

Kandungan asam amino dalam susu berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi susu pada saat sedang tidak enak badan atau sedang merasa kurang sehat. Karena susu dapat membantu recovery tubuh anda sehingga proses penyembuhan anda dapat lebih cepat.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.