Tradisi Unik Ngabuburit di Berbagai Penjuru Indonesia

Saat bulan puasa waktu yang anda habiskan untuk menunggu adzan maghrib untuk berbuka biasa disebut dengan ngabuburit. Identiknya ngabuburit saat bulan puasa dibuktikan dengan ada banyaknya kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat muslim diberbagai penjuru dunia khususnya Indonesia untuk menunggu bedug maghrib. Ngabuburit memang identik dengan kegiatan berburu takjil, namun beberapa kegiatan dibawah ini juga merupakan sering dilakukan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Balap Perahu Layar

Sambil mengisi waktu luang menunggu adzan maghrib berkumandang, biasanya masyarakat berkumpul di pantai untuk melakukan balapan dengan menggunakan perahu layar. Tradisi ngabuburit ini biasanya dapat anda temukan di Kawasan Pantai Kenjeran yang berada di Surabaya. Perahu layar yang di perlombakan bukanlah perahu layer dengan ukuran besar, melainkan perahu layar berukuran kecil yang dilengkapi hiasan warna-warni.

Menghabiskan Waktu di Pantai

Terdapat banyak pantai yang terletak di Indonesia. Maka itu seringkali destinasi pantai seringkali menjadi tempat favorit masyarakat setempat. Salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh masyarakat setempatnya adalah pantai Losari yang berada di Makassar. Selain itu, tradisi ngabuburit yang sama juga ada di Tegal, dimana masyarakatnya berkumpul di pinggiran pantai utara untuk melihat pemandangan di sore hari.  

Bermain Layangan Hias

Tradisi ini memang sering kita temukan di berbagai daerah. Namun terdapat satu daerah dengan cirikhas yang sangat melekat dengan bermain layangan hias, yaitu Majalengka. Tradisi ngabuburit ini dilakukan secara turun temurun dan dapat dengan mudah anda temui ketika anda sedang berada di daerah Majalengka.

Kumbohan

Tradisi ini biasa dilakukan oleh masyarakat di daerah Lamongan. Saat menunggu waktu untuk berbuka puasa, masyarakan Lamongan biasanya melakukan kegiatan berburu ikan di Sungai Bengawan Solo atau biasa disebut Kumbohan. Permukaan air yang surut pada sore hari memudahkan masyarakat untuk menangkap ikan. Kegiatan ini tak hanya dapat menjadi sarana ngabuburit dalam menunggu adzan maghrib, ikan yang telah di tangkap juga bisa anda santap untuk hidangan berbuka puasa.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.