Tips Membangun UMKM, Saatnya Bangkit Di Masa Pandemi

Membangun sebuah bisnis UMKM menjadi tantangan tersendiri, apalagi di masa pandemi, tentu mempunyai dampak yang besar terhadap roda perekonomian termasuk UMKM yang ada di dalamnya. Bahkan jika kita berbicara peranan UMKM terhadap perekonomian Indonesia secara nasional mempunyai peran yang besar serta impact yang kuat terhadap keberlangsungan ekonomi Indonesia.

Kini para pelaku UMKM mempunyai tantangan serta masalah yang besar untuk dihadapi, karena dampak pandemi yang berpengaruh terhadap penjualan dari para produk UMKM sehingga tidak sedikit Pelaku UMKM yang harus menutup bisnisnya, di sisi lain hampir para pekerja ataupun masyarakat bekerja di UMKM. Masih banyak UMKM yang hingga saat ini masih bertahan, dan bisa survive namun tidak sedikit juga yang pada akhirnya bangkrut dan harus menutup bisnisnya.

Berbagai upaya pun saat ini dilakukan oleh pemerintah khususnya memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM, dengan memberikan dana insentif yang diharapkan bisa di manfaatkan serta membantu meringankan beban di masa pandemi ini. Namun tentu selamanya kita tidak bisa mengandalkan terus bantuan pemerintah, yang pasti terbatas, akan repot jika kita tidak bisa memanfaatkan dengan baik.

Untuk itu perlu upaya yang harus kita lakukan agar bisnis kita masih bisa bertahan di masa pandemi ini, bahkan bangkit kembali dan membantu dalam pemulihan ekonomi nasional. Berikut apa saja Tips membangun UMKM, ini dia pembahasannya.

Meningkatkan Kualitas Produk

Orang pada saat akan membeli sebuah produk selain dari apa yang dibuthkan serta manfaat yang didapatkan, tentu pertimbangannya ada pada kualitas produk, sering kali kita melihat berbagai produk yang sama, namun orang lebih tertarik pada produk yang lebih berkualitas, biasanya dilihat mulai dari packaging atau pengemasan, sesuatu yang unik, dan ada hal yang membedakan sehingga hal itu membuat rasa penasaran orang, serta faktor lainnya. Tentu hal ini pun menjadi pertimbangan anda untuk meningkatkan setiap produk yang anda miliki, lakukan hal ini secara bertahap, tetap pertahankan apa yang bagus, anda pun bisa memperbaiki kekurangan produk anda, lewat masukan dari para konsumen. Hal ini pun akan terjalin brand awarness dimulai dari komunikasi yang baik dengan konsumen anda.

Membaca Trend yang sedang ramai di tegah masyarakat

Dibutuhkan kemampuan yang fleksibel, dan adaptasi agar anda tidak tertinggal oleh zaman, tentu dalam membaca trend atau bahkan menciptakan trend diperlukan pemikiran yang kreatif serta inovatif,agar produk kita di minati oleh orang-orang. Untuk itu anda pun harus selalu update setiap trend yang sedang diperbincangkan masyarakat, cari tahu sesuatu yang baru, misal mengadaptasi trend yang ada di luar negeri lalu bawa ke Indonesia sesuaikan juga dengan segmentasi anda. Atau anda cara sesuatu yang beda dengan kompetitor lainnya. Perhatikan dari cara anda mengemas produk tersebut, dan strategi anda mempromosikan produk anda. Jadi saatnya anda bereksperimen dengan harapan anda bisa menciptakan trend sendiri.

Memanfaatkan Platform Online ataupun Media Sosial

Di era digital tentu memberikan keuntungan sendiri, terhadap pelaku UMKM terutama agar produknya bisa dikenal luas lagi oleh orang-orang, kini media sosial bukan hanya sebagai sebuah interaksi antar-antar orang anda pun bisa berjualan dan jangan lupa persiapkan caption yang menarik, jalin interaksi dengan orang-orang, manfaatkan SEO, dan buat promosi semenarik mungkin. Satu hal yang anda harus diperhatikan terkadang beberapa penjual lebih kepada memaksa untuk harus membeli produknya, atau menggunakan SPAM yang seringkali hal ini sudah tidak efektif lagi. Maka cara yang paling ampuh adalah dengan bercerita, ceritakan produk anda, beri apa saja manfaat serta kelebihannya, “ingat ceritakan” karena pada dasarnya orang indonesia lebih tertarik terhadap sebuah cerita.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.