Makanan Yang Harus Anda Hindari Saat Sahur Agar Tidak Mudah Lapar & Haus

Menahan haus dan lapar memanglah bagian dari puasa. Namun bukan berarti kita tidak mengantisipasi akibat dari puasa yang berakibat pada tubuh kita seperti bibir pecah-pecah, kulit kering, sariawan dan beberapa kondisi lainnya yang dapat membuat kegiatan puasa terasa lebih berat. Pada cuaca tropis yang panas, kita bisa meminimalisasi hal tersebut dengan mengendalikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka dan juga sahur. Khususnya sahur, ada beberapa menu yang harus anda hindari karena dapat menyebabkan tenggorokan anda menjadi kering dan mudah haus saat puasa.

Minuman Berkafein

filled white cup on top of gray saucer

Mengonsumsi kopi memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini. Namun di bulan puasa ini, lebih baik jika anda mengurangi konsumsi minuman yang berkafein. Jika anda memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi saat sarapan, sebaiknya anda jangan mengonsumsinya pada saat sahur. Hal itu disebabkan oleh kopi yang mengandung kafein buruk bagi tubuh selama bulan puasa. Kafein dapat menyebabkan perut sakit, jantung berdebar juga perasaan gelisah. Kafein juga dapat menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya lebih sering buang air kecil sehingga bisa dapat menyebabkan dehidrasi.

Makanan Yang Mengandung Minyak Berlebih

stainless steel fork on stainless steel round plate

Selain mengandung lemak yang tinggi, makanan dengan minyak yang berlebih sebaiknya dihindari bukan hanya saat sahur tetapi juga saat berbuka puasa. Selain mengakibatkan jaringan lemak bertumpuk, mengonsumsi makanan dengan minyak berlebih juga dapat menyebabkan asam lambung dan juga tenggorokan kering sehingga lebih mudah haus karena kandungan minyak yang menempel pada tenggorokan.

Minuman Kemasan

man in black crew neck t-shirt holding woman in red sleeveless dress drinking beer

Sekalipun minuman kemasan tersebut menawarkan nutrisi buah yang besar atau menawarkan khasiat penambah energi, sebaiknya anda tidak mengonsumsinya saat sahur. Karena pada nyatanya, minuman kemasan dengan iming-iming ‘jus buah’ kebanyakan mengandung gula dan pengawet yang bisa membuat rasa haus anda semakin cepat terasa. Minuman ringan lainnya seperti minuman yang mengandung soda juga harus anda hindari karena dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Makanan Tinggi Gula

white and brown pastries on white tray

Sebagian orang telah mengetahui bahwa baik minuman maupun makanan yang mengandung gula tinggi dapat membahayakan bagi tubuh. Selain gula darah yang melonjak naik, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan obesitas. Karena itu akan lebih baik jika anda menghindari makanan tinggi gula karena ketika puasa, tubuh anda akan lebih cepat merasa Lelah dan merasakan lapar.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.