Memasarkan Keahlian Dengan Personal Branding

Seberapa Pentingkah membangun Personal Branding ? di era yang serba digital, ditambah orang-orang yang sangat mudah untuk viral, karena derasnya arus informasi dari media sosial, termasuk semakin berkembang juga dalam penggunaannya. Bahkan saat ini bukan hanya sebagai ajang untuk mempromosikan barang/produk, kini bisa dimanfaatkan sebagai ajang menunjukkan keahlian, jadi bukan hanya untuk bisnis, namun saat ini Personal Branding sangat penting juga untuk para influencer, pencari kerja, freelancer, programmer, content creator, penulis, dan berbagai profesi lainnya.

Pada dasarnya Personal Branding, mengarahkan kita pada keinginan untuk dikenal sebagai apa, personal branding ini nantinya akan menentukan bagaimana orang lain mendeskripsikan atau mengenal diri anda. Walaupun sebagian orang mengartikan personal branding ini dalam bentuk nama dan logo. Jadi di zaman sekarang sebenarnya anda bisa menciptakan media anda sendiri, dan memberi tau kepada orang-orang apa yang anda suka, atau keahlian apa yang anda miliki.

Lalu bagaimana cara kita memulai Personal Branding untuk memasarkan keahlian kita, agar orang-orang nantinya mau menggunakan jasa kita. Berikut Pembahasannya

Tentukan Tujuan Anda Terlebih Dahulu Kenapa Anda Ingin Dikenal Orang Lain

Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa anda melakukan Personal Branding, setidaknya anda punya alasan kenapa orang-orang harus tau anda, apa yang bisa anda berikan terhadap orang-orang, dan apakah kemampuan anda bisa menyelesaikan persoalan yang orang-orang alami. Juga yang tidak kalah penting, apa yang membedakan diri anda dengan lain.

Melakukan Riset Yang Mendalam Mengenai Personal Branding

Gali informasi sebanyak mungkin, cari tau apa saja yang sedang dibicarakan orang-orang, lalu apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang, dengan begitu akan jauh lebih mudah untuk anda menentukan produk apa yang anda tampilkan, baik barang maupun jasa tentu harus mempunyai benefit atau kemanfaatan terhadap para konsumen anda. Cari tahu juga bagaimana strategi yang harus dilakukan, apa saja langkah-langkah yang harus anda ambil, buat target dalam jangka waktu tertentu

Cari Hal Yang Unik dalam Diri Anda

Ketika anda melakukan personal branding secara tidak langsung anda membuat rasa penasaran orang-orang untuk melihatnya, jadi agar anda menjadi pusat perhatian maka harus ada sesuatu yang unik dalam diri anda untuk ditampilkan, sesuaikan dengan segmentasi yang anda tuju, selanjutnya anda tinggal menyiapkan berbagai konten dan kemas konten tersebut semenarik mungkin, semakin unik diri anda maka orang-orang pun akan semakin penasaran dengan anda. Untuk mencari sesuatu yang unik anda bisa melakukan riset, terutama menggali potensi yang anda miliki. Dan apa kelebihan anda ? cari tau, hal tersebut akan menjadi keunikan bagi diri anda.

Bikin Konten Dan Explore Kemampuan Anda

Saat ini orang-orang akan mengenal anda melalui konten anda, jadi bikin konten yang menarik apapun platformnya seperti Instagram, Tiktok, YouTube dan media sosial lainnya, bahkan anda pun bisa memanfaatkan lintas medsos jadi media sosial anda saling terintegrasi, disini anda bisa mengexplore berbagai hal yang ingin anda ketahui dan kemudian dituangkan kedalam konten.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.