Mengatasi Grogi Dalam Public Speaking

Setiap orang pastinya mempunyai cara yang berbeda untuk dapat menaklukkan demam panggung, intinya jangan takut, dan jangan sampai rasa takut anda menghalangi potensi anda, karena tidak akan pernah tau di ujung rasa ketakutan, apa yang sedang kita ubah, bisa jadi akan ada jalan dimana kesempatan bertemu dengan kemampuan.

Pahamilah bahwa orang lain juga memiliki ketakutan yang sama

Bukan hanya diri anda yang mengalami grogi atau rasa takut dalam Public Speaking, semua orang pun pastinya pertama kali presentasi atau berbicara di depan umum tentunya akan mengalami yang sama, bahkan semua pembicara yang kita kenal hebat hari ni, mereka adalah seorang pembicara yang buruk pada awalnya. Jadi yakinkan dalam dalam diri anda, tidak perlu cemas dan takut yang berlebihan, karena cara yang terbaik tentu dengan melakukannya.

Coba analisis apa yang membuat anda takut dan mengapa

Anda pastinya mengetahui apa saja yang dirasakan pada saat akan tampil, jadikan hal itu sebagai referensi kumpulkan dan tulis apa saja yang anda alami, misal badan terasa tidak nyaman, cemas yang belebihan, dan perasaan negatif lainnya, lalu coba anda tulis sebanyak-banyaknya, kemudian analisis mengapa masalah tersebut bisa terjadi, temukan bagaimana cara mengatasi atau mengelola perasaan tersebut.

Persiapkan diri

Public Speaker at a Conference

Penampilan yang baik berawal dari persiapan yang baik, jika anda maksimal dalam melakukan persiapan maka penampilan anda pun akan maksimal. Jadi manfaatkan waktu tersebut, walaupun penampilan nya hanya 30 menit sampai 1 jam tetap anda harus mempersiapkannya dalam waktu berhari-hari. Apa saja yang harus dilakukan ? kumpulkan dan kuasai materi, susun materi tersebut, latihan didepan kaca pada saat anda menyampikan pesan, perhatikan gestur tubuh, buat diri anda senyaman mungkin, dan perbanyak diskusi dengan teman anda.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.