Beragam Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut tidak hanya identik dengan bulan Ramadhan saja, hari biasapun anda bisa mengalami hal seperti ini. Bau mulut bisa saja disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, masalah mulut, kesehatan pencernaan yang kurang baik. Untuk orang-orang yang menjalankan ibadah puasa, biasanya mengalami gangguan bau mulut, hal ini disebabkan karena anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Namun hal seperti ini jangan sampai membuat anda tidak berpuasa, karena berpuasa adalah wajib bagi muslim di bulan Ramadhan. Maka dari itu, kami sajikan beberapa tips untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

Menggosok gigi

Setelah makan sahur biasakanlah untuk menggosok gigi agar gigi tetap kuat dan sehat. Gunakan merk pasta gigi yang dapat membuat nafas anda menjadi lebih segar. Jangan lupa untuk menyikat gigi malam sebelum tidur agar kuman dan sisa makanan yang tertinggal dimulut saat berbuka puasa bisa hilang.

Makan buah dan sayur

Beberapa jenis sayuran yang memiliki serat yang banyak dapat mengatasi aroma mulut yang kurang sedap. Saat sahur kita dianjurkan makan makanan yang dapat membantu produksi air liur, fungsinya adalah dengan air liur yang cukup dapat membuat mulut kita tetap lembab dan terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C

Buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan strawberry dapat menangkal bakteri yang menyebabkan bau mulut dan melindungi gigi dan gusi agar selalu sehat.

Minum air mineral 2-3 gelas saat sahur

Disarankan untuk meminum air putih untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada mulut.

Gunakan obat kumur mulut

Obat kumur bisa membantu menghilangkan bau mulut. Tetapi obat kumur yang dipakai jangan mengandung alkohol, jika beralkohol akan menyebabkan bau lebih parah.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.