Mengenal Smart Home System Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa tahun ke belakang, teknologi smart home system semakin sering terdengar. Smart home system merupakan rumah yang dilengkapi teknologi canggih sehingga seluruh perangkat pada sistem tersebut saling terhubung. Sebagai pemilik rumah, anda dapat mengendalikan perangkat dalam rumah dengan jarak jauh (remote system). Pertumbuhan sistem ini di prediksi akan meningkat sebanyak 29.5% di seluruh dunia.

Kelebihan Smart Home System

Jika anda memiliki mobilitas yang tinggi, smart home system merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa mengontrol keadaan rumah anda meskipun aktivitas pekerjaan membuat anda jauh dari rumah. Contohnya anda bisa memonitor mati-nyala nya lampu di rumah anda dari jarak jauh, atau mengatur sirkulasi udara. Anda juga bisa dipermudah dengan aksesnya yang bisa di kontrol melalui gadget dengan koneksi internet.

Kekurangan Smart Home System

Meskipun memiliki sistem canggih yang bisa dilakukan jarak jauh, namun sistem ini tidak akan bisa terhindar dari bugatau peretas (hacker) yang dapat meretas sistem kemanan melalui internet. Selain itu, biaya pemasangan smart home system terbilang mahal. Anda bisa merogoh kocek hingga puluhan juta untuk pemasangan sistemnya. Ditambah kondisi listrik di Indonesia yang masih kurang stabil, membuat pemilik rumah harus memiliki back-up safety system, agar penghuni aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.