Daftar Pengeluaran Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Dalam menyambut hari Lebaran, tentunya terdapat beberapa pengeluaran yang harus dipersiapkan. Mengapa dikatakan harus mempersiapkan? Ramadhan juga kerap kali dimaknai dengan bulan konsumtif, dimana selain beribadah, masyarakat muslim juga banyak sekali membeli keperluan hidup, bukan hanya saat perayaannya saja, namun juga menjelang dan pasca Lebaran. Uniknya, pengeluaran yang lebih besar dari biasanya ini tidak terasa, apalagi ada rasa syukur dan gembira menyambut hari raya. Namun tanpa sadar bisa-bisa keuangan Anda bisa berakhir dengan saldo nol di akhir musim lebaran atau bahkan lebih parah lagi, tunggakan utang menumpuk! Tentunya, Anda tidak mau ini semua terjadi setelah bersuka cita merayakan hari lebaran bersama sanak saudara bukan?

Ini dia cara mengetahui pengeluaran apa saja sih yang harus dipersiapkan menjelang lebaran dan praktikkan atur keuangan yang lebih baik lagi agar tidak kebablasan. 

Zakat (amal)

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Sebaiknya pos zakat Anda dan keluarga sudah disiapkan sebelum lebaran tiba. Alokasikan hitungan pos dana untuk zakat amal, zakat profesi dan tentu saja zakat fitrah yang merupakan kewajiban.

Pakaian baru

sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk membeli baju baru ketika merayakan Lebaran. Itulah sebabnya banyak pusat perbelanjaan memberikan diskon besar dan promo mulai dari baju, celana, sepatu, dan juga aksesoris. Memang patut diakui bahwa tawaran-tawaran tersebut cukup menggiurkan, namun jangan sampai Anda mengeluarkan uang terlalu berlebihan hanya untuk pakaian baru.

Biaya makanan lebaran

Anda juga harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya untuk membuat kue lebaran, bahan-bahan makanan untuk lebaran, hingga minuman-minuman ringan untuk mengantisipasi jika ada sanak saudara yang berkunjung saat atau setelah lebaran. Untuk pengeluaran biaya makanan lebaran ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri dan membuat kue lebaran sendiri. Tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan, buatlah daftar belanjaan Anda dan saat belanja bahan makanan, Anda bisa lebih hemat saat belanja dengan memanfaatkan diskon/promo.

Biaya pengganti pembantu rumah tangga

Ketika Lebaran tiba, hampir semua pembantu rumah tangga juga akan pulang kampung untuk merayakannya. Mungkin dengan kepulangan mereka Anda akan merasa kerepotan mengurus keperluan rumah tangga, sehingga dibutuhkan untuk menyewa pembantu rumah tangga pengganti. , untuk biaya pembantu rumah tangga Anda bisa jauh-jauh hari mencarinya tentunya untuk biaya yang satu ini, Anda harus menyadari jika biaya pembantu pasti lebih mahal dari biasanya. Oleh sebab itu, tentunya bujet Anda dan usahakan untuk mencari yang sesuai.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.