Kenali Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Bersantan!

Makanan dengan bahan santan memang membuat cita rasa menjadi lebih gurih dan lebih lezat. Namun dibalik kelezatan makanan yang mengandung santan, terdapat bahaya dikemudian hari. Terlebih di saat lebaran tiba, hampir semua menu makanan yang disantap mengandung santan. Anda harus berjaga-jaga untuk tidak terlalu sering mengonsumsinya demi kesehatan anda, karena terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan dapat menyebabkan beberapa penyakit pada tubuh anda.

Sebabkan Sembelit

Karena santan mengandung serat yang sangat tinggi, sebagian orang yang sering mengonsumsi makanan bersantan akan mengalami masalah pencernaan. Santan tanpa pemanis mengandung 14-18% dari asupan serat harian. Peningkatan yang drastis ini akan membuat masalah pencernaan anda terganggu seperti diare, sembelit atau perut yang dipenuhi oleh gas.

Kolesterol

Dalam satu cangkir santan, terkandung sebanyak 550 kalori dan 40 gr lemak, itu merupakan sepertiga dari asupan kalori yang dibutuhkan perharinya. Bagi anda yang memiliki resiko kolesterol tinggi, harus bisa menahan diri agar tidak menyantap makanan bersantan.

Penyempitan Pembuluh Darah

Bahaya makanan bersantan selanjutnya yaitu menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Terjadinya sumbatan pembuluh darah karena adanya plak yang terdiri dari endapan lemak jahat dan kolesterol. Saat plak terbentuk, akan menyebabkan dinding arteri tidak elastis dan menyumbat asupan oksigen ke otak. Hal tersebut akan memicu munculnya penyakit jantung coroner.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.