Momen Tradisi Lebaran Ala Generasi 90-an. Bikin Kangen!

Generasi 90-an bisa dibilang merupakan istilah khusus untuk kalian yang lahir atau mengalami masa kecil di tahun 1990 hingga 1999. Generasi 90-an adalah istilah yang cukup populer dan viral di masa kini. Kabarnya, masa-masa di tahun 90-an merupakan masa-masa yang tidak terlupakan. Masa sebelum bermunculan gadget, kaya akan permainan tradisional, banyak tayangan televisi yang menghibur serta berkualitas bagi anak-anak, dan lain sebagainya. Banyak momen-momen berharga sekaligus menyenangkan yang tidak bisa terlupakan dari tahun 90-an. Bahkan, sampai saat ini, momen-momen tersebut rasanya masih terkenang oleh para generasi 90-an. momen berharga dan menyenangkan dari masa 90-an adalah tradisi lebarannya yang khas. Apa saja sih tradisinya nostalgia yuk!

Saling kirim kartu ucapan lebaran

Berburu kartu Lebaran dengan motif unik dan lucu adalah hal yang ‘wajib’ dilakukan oleh anak-anak di masa 90an. Ada yang memang sengaja menabung untuk membeli kartu lebaran dan ada pula yang dengan kreatif membuat serta menggambar sendiri kartu lebarannya. Kartu-kartu Lebaran ini biasanya akan diberikan kepada teman dekat yang sebaya, sepupu, hingga anggota keluarga lainnya

Lomba bedug

Selain pada saat waktu salat, bedug juga menjadi benda sakral yang wajib dibunyikan pada waktu malam takbiran dan hari raya Lebaran. Di masa 90-an, lomba bedug untuk menyambut hari raya Lebaran kerap kali diselenggarakan di tiap kabupaten.

Takbiran keliling kampung

Masih ingat dengan takbir keliling dan pawai obor? Kedua tradisi ini biasanya dilaksanakan pada saat malam takbiran. Bagi anak-anak generasi 90-an terutama yang tinggal di wilayah pedesaan, ikut meramaikan takbiran keliling dan pawai obor merupakan hal yang menyenangkan. 

Open house

Tradisi open house merupakan tradisi yang paling dinanti-nanti oleh anak-anak generasi 90-an. Pasalnya, banyak rumah-rumah tetangga yang ‘terbuka lebar’ saat Lebaran. Siapa pun bebas datang dan bersilaturahmi. 

Banyak-banyak an THR

Lebaran seperti menjadi berkah tersendiri bagi anak-anak generasi 90-an. Selain tersedia banyak makanan, berbagai perayaan, tak lupa juga THR! Biasanya, saat Lebaran, anak-anak akan diberi angpau oleh sanak saudara, kerabat, orangtua, hingga tetangga. 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.