5 Tips Mencegah Bobot Naik Usai Lebaran

Menyajikan menu khas lebaran dan makan bersama keluarga atau kerabat sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun yang dirayakan setiap Hari Raya Idul Fitri. Menambah kalori secara berlebihan pada 1-2 hari itu (hari lebaran) bisa cepat sekali mengubah metabolisme tubuh. Salah satunya bisa membuat kolesterol naik, gula darah naik, jangka panjang bisa meningkatkan timbangan. Beberapa tips mencegah bobot naik setelah lebaran antara lain:

Makan menggunakan piring kecil

Jika ada tradisi menyajikan makanan khas lebaran, itu adalah bagian dari silahturahmi tersebut. Misal ada ketupat, opor ayam, daging rendang, ayam goreng, jika ingin ambil semuanya maka hanya boleh ambil sepotong kecil, Perbanyak konsumsi sayur. Sebab, sayur tinggi akan serat dan serat dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Mengunyah perlahan

Hindari mengunyah terlalu terburu-buru sekalipun kita sangat suka dengan makanannya. Mengunyah perlahan akan membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan pada akhirnya terhindari dari perilaku makan berlebih.

Beri jeda antar waktu makan

Jangan terburu-buru mengambil menu satu dan menu lainnya. Beri jeda sejenak antar waktu makan, misalnya sekitar 30 menit. Jika masih merasa lapar setelah jeda, barulah ambil menu lainnya. Namun, pastikan hanya mengonsumsinya dalam porsi kecil.

Berhenti jika kenyang

Jika perut sudah terasa kenyang, maka berhentilah. Apalagi jika kita akan bersilahturahmi ke lebih dari satu rumah setelahnya dan kemungkinan akan diberi suguhan makanan lagi. Cobalah menakar kapasitas perut dan makan secukupnya saja. Beri ruang untuk kemungkinan makan lagi di tempat berikutnya.

Minum air putih

Hindari minum minuman manis dan usahakan lebih memilih air putih. Selain baik bagi kesehatan, air putih juga tidak memiliki kalori sehingga tidak akan ikut menambah asupan kalori harian

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.