5 Etika Dalam Kehidupan Agar Menjadi Lebih Baik

Setiap orang pastinya tidak akan terlepas dari sebuah interaksi, karena bagaimanapun manusia adalah makhluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pastinya mempunyai sebuah prinsip dalam hidup, termasuk etika yang merupakan bagian dari menentukan mana yang benar, dan yang salah. Dalam hal ini setiap orang harus memiliki attitude yang baik serta sikap terutama dalam menyikapi berbagai persoalan.

Beberapa prinsip ini adalah sesuatu yang diterapkan oleh kebanyakan orang sukses, terutama mengenai etika dalam hidup, tentunya hal ini merupakan penunjang bavgi seseorang untuk menggapai kesuksesan, seperti misalnya sebelum berbicara, dengarkan atau sebelum menulis pikirkan terlebih dahulu dan etika lainnya yang sangat bermanfaat untuk kehidupan anda. Dan apa saja etika yang bisa nada terpkan agar hidup anda menjadi lebih baik.

Sebelum Bicara – Dengarkan

brown donut on white table

Salah satu keterampilan paling sulit saat kita berkomunikasi dengan orang lain adalah keterampilan untuk menjadi pendengar yang baik. Terutama bisa paham dengan apa yang disampiakan oleh orang lain, dan mengerti apa yang dijelaskan, karena komunikasi ini bisa dikatakan berbentuk Ghaib, apa yang kita lempat, belum tentu orang menangkapnya, nyatanya seringkali orang selalu salah mengankap apa yang kita maksud. Maka anda sebelum menjadi pembicara yang baik, harus dilatih juga untuk menjadi pendengar yang baik.

Sebelum Menyerah – Cobalah

man pulling brown spool

Menyerah adalah bagian dari psikologis manusia yang datang disaat tidak mampu menghadapi kondisi yang ada. Terkadang hidup tidak sesuai apa yang kita rencanakan atau yang di inginkan, berbagai persoalan tentu akan kita hadapi, namun selebihnya tergantung kita apakah persoalan tersebut adalah masalah buat kita, atau mungkin kita menganggap persoalan itu adalah sebua tantangan. Yang pasti ketika kita mengubah cara pikir bahwa persoalan adalah bagian dari tantangan, maka kita pun nantinya akan semakin termotivasi untuk menghadapinya. Kuncinya adalah coba terlebih dahulu, karena bagaimanapun cara terbaik adalah dengan melakukannya.

Sebelum Menulis – Pikirkan

person using laptop computer beside aloe vera

Saat ini orang seringkali menulis tanpa dipikirkan dampaknya, terutama pengguna media sosial sebagian seringkali memberikan captio, atau tweet tetapi tidak memikirkan apa yang akan terjadi, hal ini merupakan saah satu pemicu hoax atau berita bohong sehingga terjadi saling fitnah, caci maki, dan menghujat. Tidak hanya itu seringkali orang-orang tidak utuh dalam menangkap informasi sehingga secara langsung akan memberikan komentar yang negatif. Maka tidak sedikit juga orang-orang yang berakhir di sel tahanan akibat dari apa yang ditulis. Lebih baik anda pikirkan sebelum menulis, akan jauh lebih baik jika tulisan anda bisa menjadi sebuah karya, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebelum Istirahat – Berkerja Keraslah

woman biting pencil while sitting on chair in front of computer during daytime

Pekerjaan akan ada waktunya, begitupun juga istirahat pasti ada waktunya, yang terpenting anda bisa memaksimalkan setiap waktunya agar anda dapat menjalaninya secara seimbang, karena untuk bekerja perlu istirahat yang cukup agar dapat bisa bekerja secara maksimal. Salah satu hal yang embuat kita lelah adalah keterpaksaan karena melakukan pekerjaan apa yang kita tidak suka, atau teradang orang tidak menikmati setiap pekerjaannya sehingga gampang bosan, lelah dan tidak maksimal. Waktu istirahat pun akan menjadi tidak baik, dikarenakan masih terbebani dengan pekerjaan yang anda lakukan. Untuk itu cintailah pekerjaan apapun yang anda lakukan.

Sebelum Mati – Bermanfaatlah

man in black jacket and black pants sitting on white snow covered ground during daytime

Dunia hanyalah bukanlah tempat tinggal melainkan tempat meninggal, seberapapun kekayaan anda, atau harta anda tidak akan dibawa mati, sedangkan salah satu yang anda bawa ketika anda mati adalah manfaat yang anda berikan kepada banyak orang termasuk amalan-amalan yang dilakukan selagi pada saat masih hidup di dunia. Maka sebelum memasuka dimensi yang abru atau kehidupan selanjutnya perbanyaklah manfaat kepada banyak orang, karena hal itulah merupakan salah satu sumber kebahagiaan anda dan paling berharga baik pada saat masih hidup maupun ketika sudah meninggal.

Categories: Article, Love Life

Tagged as: ,

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.