Tips Agar Bisa Supel Untuk Pribadi Yang Pendiam

Bagi anda yang memiliki kepribadian yang pendiam, mungkin akan sedikit sulit untuk memulai komunikasi dengan orang baru. Namun terkadang, keadaan dan lingkunganlah yang memaksa seseorang untuk bisa beradaptasi. Kepribadian merupakan watak yang telah menyatu dalam diri kita, memang tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama untuk merubahnya. Namun bukan berarti kita tidak bisa merubah sedikit demi sedikit kepribadian kita. Berikut merupakan tips untuk anda yang pendiam agar bisa supel dengan lingkungan sekitar.

Bangun Rasa Empati

Untuk memiliki empati yang tinggi, seseorang memang membutuhkan proses yang tidak instant. Membangun rasa empati bisa dimulai dari hal kecil seperti menanyakan kabar teman, atau menawarkan pertolongan kepada orang-orang terdekat anda. Singkirkan rasa gengsi dan malu, karena hal tersebut akan sedikit demi sedikit membangun rasa empati yang tinggi.

Tingkatkan Kepercayaan Diri

Ketika kita telah menerima seluruh kelebihan dan kekurangan yang ada pada dalam diri kita, maka rasa percaya diri itu akan tumbuh dengan sendirinya. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain karena justru akan menurunkan percaya diri. Mensyukuri kelebihan yang ada pada diri sendiri justru akan membuat tingkatan rasa percaya diri menjadi besar.

Mencari Support System

Bangunlah komunikasi yang positif dengan teman-teman terdekat anda. Karena hal tersebut dapat menjadi sumber support system anda. Adanya support system dapat membuat anda terlatih menjalin komunikasi yang baik. Hal tersebut dikarenakan anda terbiasa menceritakan suatu hal dan terbuka tentang perasaan yang sedang anda alami.

Kontrol Rasa Cemas

Biasanya rasa khawatir dan rasa cemas yang berlebihanlah yang justru akan membuat kita menjadi lebih sedikit bicara. Takut akan rasa salah justru akan membungkam apa yang ingin kita bicarakan dan justru akan membuat kita semakin lebih tertutup. Anda bisa mengontrol rasa cemas dengan membiasakan diri berpikir positif dan membiasakan diri menjalin komunikasi dengan orang lain.

Categories: Love Life, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.