Philophobia, Phobia Jatuh Cinta.

Philophobia adalah suatu ketakutan yang berlebihan dan tidak masuk akal terhadap rasa cinta, Phobia yang mungkin paling unik dan juga paling menyedihkan karena tak cuma takut jatuh cinta penderita ini juga ternyata takut untuk dicintai.

Seseorang yang mengidap philophobia akan merasakan ketakutan tak beralasan untuk menjalin komitmen dan jatuh cinta terhadap seseorang selain itu seseorang dengan philophobia akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari kontak dengan lawan jenisnya, agar mereka bisa membatasi diri dan hati mereka dari yang namanya jatuh cinta. Phobia ini dinilai dapat cukup kuat dalam mengganggu kehidupan si penderita.

Philophobia bisa disebabkan karena melihat orang tua yang selalu bertengkar, perceraian orang tua dan sebagainya yang membuat orang tersebut akhinya kehilangan harapan terhadap rasa cinta. Ketika mereka memikirkan tentang cinta mereka akan mengalami perasaan panik dan takut secara intens, berkeringat, menghindar, detak jantung yang cepat, mual, hingga mengalami kesulitan untuk bernafas.

Cara mengatasi Philophobia adalah dengan mencari bantuan psikolog jika ketakutan akan jatuh cinta dirasa sudah terlalu parah. Seorang terapis atau psikolog akan mengevaluasi gejala, riwayat, sosial, medis dan psikiatris si penderita.

Categories: Love Life, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.