Cara Menaklukkan Bos “Killer” di Kantor Anda

Anda adalah seorang pegawai di kantoran yang mempunyai pimpinan. Tentu saja, watak setiap pimpinan akan berbeda. Jika mood nya sedang baik maka suasana di kantor akan terasa menyenangkan, tetapi jika mood bos anda sedang buruk, dijamin anda tidak melakukan kesalahan pun bisa saja kena imbasnya. Tapi jangan khawatir, pimpinan anda tetaplah manusia yang mempunyai hati nurani walaupun dengan berbagai sifat dan karakter. Berikut cara menghadapi bos di kantor anda

Jangan pernah terbawa perasaan kesal dan emosi

Bos berwatak galak biasanya mempunyai ego yang sangat tinggi, sehingga jika anda terpancing oleh sikapnya yang galak maka  ia akan merasa menang. Tetap berusaha tenang dan jangan terbawa emosi, jangan takut untuk berhadapan dua mata dengan si bos galak dan berbicara langsung untuk meminta saran atau menerima berbagai kritik darinya.

Hindari argumen

Jika pimpinan anda mempunyai sifat cenderung galak, maka biasanya dia tidak suka di debat, baik saat dia salah atau benar. Tipe bos ini tidak akan memperdulikan keadaan kita walaupun kita tidak melakukan kesalahan. Jadi jangan mendebat atau beradu argumen dengan tipe bos seperti ini. Apabila anda ingin menunjukkan bahwa si bos melakukan kesalahan maka tunjukkan dengan cara halus tanpa terkesan menggurui. Upayakan dalam keadaan yang tenang.

Bersikap professional

Ketika menghadapi bos, usahakan nada bicara anda selalu tenang dan netral. Biarkan bos mengeluarkan seluruh unek-uneknya. Ketika bos sedang marah, usahakan jangan pernah komplen mengenai masalah apapun. Jangan membicarakan hal pribadi di depan bos anda dan jangan sampai sifat pimpinan anda mempengaruhi kinerja anda dalam bekerja.

Konfrontasi

Membalas teriakan dengan teriakan memang bukan cara yang tepat. Namun, pikirkan lagi apakah kondisi yang anda hadapi mempengaruhi kinerja dan produktivitas anda dalam pekerjaan. Bula bos marah dan berteriak, jangan hanya berdiam diri, katakana dengan tenang bahwa anda membutuhkan diskusi dengan kepala dingin untuk menyelesaikan pekerjaan.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.