5 Tips Meningkatkan Konsentrasi Pada Diri Sendiri

Terkadang mungkin kamu pernah merasa sulit untuk konsentrasi pada tugas atau pekerjaan yang sedang kamu lakukan karena pikiran kemana-mana, rasa khawatir yang berlebihan, atau melakukan banyak hal sekaligus sehingga kamu tidak bisa tenang dan berkonsentrasi pada tugas atau pekerjaan tersebut. Lalu bagai mana cara meningkatkan konsentrasi untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari? Berikut ini adalah beberapa tips cara meningkatkan fokus agar kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan konsentrasi.

Kurangi stress dan cari solusinya

Setiap dari kamu pasti pernah menemukan masalah. Kenyataannya adalah hidup memang penuh dengan persoalan. Kamu harus mengatur dan memilah-milah stress yang kamu rasakan lalu kemudian mencari solusinya dari semua yang telah terjadi.

Hindari multitasking, fokus apa yang sedang dikerjakan

Kegagalan fokus sering terjadi karena kamu melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking). Otak dipaksa bekerja untuk berkonsentrasi pada beberapa hal yang berbeda sehingga kerja otak menjadi berantakan. Cobalah untuk mengatur prioritas pekerjaan kamu, mana yang lebih penting untuk diselesaikan, mana yang bisa dikerjakan nanti

Mendengarkan music klasik bisa membuat kita lebih fokus

Kebanyakan orang mendengarkan musik sambil melakukan hal lain seperti membaca, olahraga atau bekerja. Cobalah mendengarkan dengan fokus instrumen-instrumen yang dimainkan dalam musik, itu juga merupakan bentuk lain dari meditasi. Di mana pikiran kamu berfokus pada satu hal.

Jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga

Dengan berolahraga kamu akan mampu meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak yang akan mempengaruhi konsentrasi sehingga akan meningkatkan fokus dan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi.

Luangkan waktumu untuk bersantai

Stress dapat menyebabkan otak kamu lelah dan dapat mengikis kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan. Dengan melakukan aktifitas yang dapat membuat kamu rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.