5 Tips Sukses Untuk Barista Pemula

Beberapa tahun belakangan ini, profesi barista atau pembuat kopi profesional tengah menjadi salah satu pekerjaan impian anak muda. Keterampilan para barista dalam meracik berbagai jenis kopi dengan pembawaan yang lebih santai. Tidak hanya sembarang membuat kopi saja, para barista juga dituntut untuk dapat menguasai beragam jenis kopi terbaik serta teknik pembuatannya Tak mengherankan jika biaya yang diperlukan untuk mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah khusus barista sangat mahal. Belum lagi alat-alat pendukung untuk membuat kopi berkualitas terbilang tidak murah. Namun, ternyata ada beberapa cara ‘murah’ yang dapat ditempuh jika ingin memulai karier sebagai seorang barista profesional. Yang diperlukan hanyalah ketekunan dan kerja keras, sehingga kesempatan untuk menjadi seorang barista akan terbuka lebar. Simak yuk apa saja tips yang bisa dilakukan untuk memulai karier sebagai seorang barista.

Belajar lebih mendalam tentang kopi

Salah satu cara paling murah untuk belajar tentang seluk-beluk kopi dan pembuatannya adalah dengan rajin mencari infonya melalui internet. Selain itu, internet juga dapat menjadi akses untuk mencari serta mempelajari jenis-jenis kopi dan cara meraciknya. Dengan rutin mengikuti perkembangan kopi melalui internet, pengetahuan tentang varian kopi dari yang sederhana sampai paling modern pun akan mudah dikuasai.

Mengikuti acara workshop dan pameran kopi

Datang ke workshop dan pameran kopi yang akhir-akhir ini sering diadakan di beberapa kota besar Indonesia juga dapat menambah pengetahuan mengenai kopi, berserta jenis dan teknik terbaik untuk meraciknya. Di sana kamu juga dapat mencicipi racikan kopi buatan para barista profesional. Hal ini dapat menambah pengetahuan barista kopi pemula mengenai kualitas kopi yang baik dan cara tepat meraciknya.

Membaca buku tentang pengetahuan dunia kopi

Selain sering berselancar di internet, membaca buku mengenai kopi dapat membantu menambah pengetahuanmu mengenai jenis-jenis kopi. Dengan membaca buku, para calon barista dapat mengetahui beragam jenis biji kopi terbaik dari luar maupun dalam negeri, teknik membuat kopi, hingga resep kopi kekinian yang sedang digemari masyarakat modern.

Latihan dirumah

Jika ingin serius terjun sebagai seorang barista profesional, mulai saat ini sisihkan uang saku untuk membeli alat-alat kopi sederhana agar bisa latihan di rumah. Dengan banyak latihan di rumah, kamu bisa belajar bagaimana meracik kopi yang baik mulai dari menghaluskan kopi, takaran yang pas, dan kreasi kopi lainnya.

Bekerja di coffeeshop

Bekerja di gerai kopi dapat menjadi media latihan yang murah. Coffeshop biasanya memiliki alat-alat kopi yang lengkap, sehingga dapat digunakan untuk belajar. Selain itu, seringlah bertanya kepada senior barista yang telah lebih lama bekerja di coffeshop mengenai teknik hingga etika seorang pembuat kopi profesional.

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.