Manfaat Zero Waste

Zero waste adalah konsep yang sedang diterapkan untuk mengurangi limbah sampah dan bertujuan untuk melestarikan alam. Metode zero waste adalah 5R yaitu Refuse (menolak), Reduse (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), Rot (membusukkan sampah). Metode 5R menjadi acuan untuk menerapkan gaya hidup tanpa sampah dan sebisa mungkin menggunakan sumber daya alam dengan bijaksana.

Gaya hidup zero waste akan mendorong untuk hidup lebih hemat dan akan terhindar dari membeli barang yang tak dibutuhkan secara berlebihan. Menerapkan gaya hidup ini dapat mendorong untuk memanfaatkan barang bekas menjadi perabot lebih berguna.

Meminimalisir Sampah

Tujuan utama gaya hidup zero waste yaitu mengurangi dan meminimalisir sampah dari barang-barang yang telah anda gunakan. Dengan berminim sampah, maka polusi akan semakin berkurang yang membuat kita dapat bernafas dengan lebih baik, segar, tentunya sehat. Pilihlah makanan yang tak berkemasan agar tidak menumpuk di tempat sampah anda.

Mengasah kreativitas

Menerapkan gaya hidup zero waste akan membuat anda lebih kreatif karena anda dituntut untuk mendaur ulang (recycle) sampah menjadi barang yang lebih berguna (reuse). Sudah banyak inspirasi dan cara untuk membuat barang bekas menjadi barang baru dan lebih berguna. Proses ini dapat mengasah kreavitas anda dalam mengolah barang bekas, anda bisa membuat tas dari bungkus kopi, tas belanja dari baju bekas, dan kotak pensil dari botol.

Sumber Pendapatan

Banyak peluang untuk memperoleh pendapatan, dengan membuat kerajinan atau perabotan rumah tangga dari barang bekas yang sudah tak terpakai. Jika anda berminat menjadi pengusaha barang bekas, anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Gaya Hidup Menjadi Sehat

Gaya hidup zero waste membuat anda lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi, tentunya anda lebih memilih makanan yang tak berkemasan dan akan menghindari fast food karena fast food menggunakan kemasan plastik. Dengan menerapkan gaya hidup zero waste juga anda lebih mengutamakan sayuran dan buah-buahan untuk santapan sehari-hari.

Banyak manfaat yang bisa anda rasakan jika menerapkan gaya hidup zero waste. Dengan menerapkan gaya hidup zero waste artinya anda sudah membantu untuk menjaga bumi dari limbah plastik yang berlebihan dan mencemari lingkungan.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.