Efek Ajaib Nostalgia Terhadap Otak

Mendengarkan suatu lagu, mencium aroma-aroma tertentu hingga mengenakan baju lawas mampu mengundang nostalgia Rasa rindu campur sedih jadi sensasi yang umum. Tak hanya menghubungkan pada memori masa lalu, nostalgia rupanya mampu mengubah otak dengan cara-cara menarik. Psikolog saraf, Sanam Hafeez menuturkan baha nostalgia adalah emosi yang unik. “Visual, penciuman, atau suara dapat memulai ingatan yang membawa kerinduan akan sesuatu di masa lalu. Anda sedang mengingat waktu, peristiwa, atau orang yang berlalu dengan kerinduan atau penghargaan,” tutur Hafeez, dikutip dari bustle. Lalu apa saja efek yang terjadi pada otak Anda ketika ada gejolak nostalgia terhadap otak kita?

Perpaduan memori dan rasa bahagia

Rasa Bahagia Itu Sebuah Pilihan, Kata Psikolog

Nostalgia, kata Hafeez, memadukan fungsi memori dengan reward system manusia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Surrey dan National Trust pada 2017, saat orang menemukan memori bermakna, neuron tertentu menyala di otak kemudian memproses emosi. Studi lain pada 2016 menemukan ingatan nostalgia bergantung pada dua hal yakni, kronologi jauh di masa lalu dan signifikansi emosional juga pribadi. Riset tersebut melakukan pemindaian MRI dengan hasil, ketika nostalgia dipicu, otak orang yang dipindai menunjukkan aktivitas di area ingatan dan di bagian yang memberi respons atau perasaan positif.

Jadi optimis

Sikap Optimis Bikin Hidup Lebih Lama - Intisari

Nostalgia tidak hanya menyoal kenangan masa lalu, tapi juga di masa mendatang. Studi yang terbit pada 2013 di Personality & Social Psychology Bulletin menyebut nostalgia mampu meningkatkan ketahanan dan sisi positif Anda tentang masa depan dan menimbulkan rasa percaya diri.

Mengubah pengambilan keputusan

36 Kata-kata tentang Kenangan Masa Lalu, Sebagai Pengingat dan Renungan -  Ragam Bola.com

Nostalgia dapat memengaruhi pengambilan keputusan, itulah mengapa ini merupakan taktik pemasaran yang dieksploitasi. Kembali ke “masa lalu yang indah” dikenal sebagai strategi yang efektif untuk memengaruhi pengambilan keputusan.

Merasa lebih hangat

Cara Ciptakan Tempat Tidur Nyaman ala Hotel Bintang 5 - Blibli Friends

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Emotion pada tahun 2012 menemukan bahwa orang-orang merasakan lebih banyak nostalgia di bulan-bulan yang lebih dingin, dan juga mengalami lebih banyak “kehangatan” saat mereka melakukannya. Ketika memiliki perasaan nostalgia di ruangan yang dingin, mereka menilai lingkungan mereka lebih hangat dan nyaman.

Categories: Love Life, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.