Jenis Batik Populer Dari Berbagai Daerah

Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya dan bahasanya. Salah satu kekayaan Indonesia di bidang sandang adalah kain batik. Batik memang selalu menjadi warna bagi Indonesia. Meski begitu, terdapat banyak jenis batik yang memiliki ciri pada corak di setiap daerahnya. Mulai dari Yogyakarta, Solo bahkan Cirebon memiliki khasnya masing-masing. Berikut merupakan ulasannya:

Sidomukti

Kenali Filosofi di Balik Ornamen Batik Sidomukti | Semarangpos.com | Jagad  Jawa Semarangpos.com

Batik yang berasal dari keraton Solo, Jawa Tengah ini merupakan batik yang biasanya memiliki motif gunung, bangunan bahkan kupu-kupu. Dalam proses pelukisannya, batik ini menggunakan zat pewarna soga alam yang berwarna cokelat. Filosofi pada batik ini yaitu kehidupan yang sejahtera.

Mega Mendung

Tentunya anda sudah tidak asing bukan mendengan motif batik satu ini? Ya, batik yang berasal dari Kota Udang, Cirebon ini merupakan salah satu batik yang populer. Batik yang memiki khas corak awan yang mendung memiliki makna yang mendalam. Motif mega mendung ini menampilkan tujuh gradasi warna. Dimana hal ini dimaknai sebagai kehidupan manusia yang harus disikapi dengan sabar dan tidak mudah marah.

Singa Barong

Batik Singa Barong – Batik Cirebon

Selanjutnya masih berasal dari daerah Cirebon, motif batik singa barong. Makna singa barong pada motif ini berartikan binatang yang memiliki keajaiban. Dengan itu, singa barong juga dianggap sebagai simbol spiritual.

Priyangan

Batik Priangan, Antara Pesona dan Realita - permanarikie

Sesuai namanya, batik ini berasal dari tanah sunda, Tasikmalaya. Ciri daripada motif batik ini adalah rapi, rapat dan berkelas. Batik ini biasanya melibatkan motif tumbuh-tumbuhan atau rerumputan. Makna dari batik ini sendiri adalah kesederhanaan yang menggambarkan wanita sunda.

Kawung

Batik Kawung, Motif Batik Bermakna Kesucian dan Panjang Umur - Lifestyle  Fimela.com

Salah satu motif batik yang paling populer yaitu batik kawung. Batik ini berbentuk oval lonjong dan membentuk persegi dengan empat sudut. Filosofi pada batik ini adalah penggambaran sifat diri yang baik, hati yang tulus dan bersih tanpa melibatkan perasaan negative seperti iri dan dengki.

Categories: Fashion, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.