Beberapa Alat Musik Tradisional Asli Indonesia Yang Go Internasional

Masyarakat Indonesia tentu patut untuk berbangga selain prestasi yang ditorehkan oleh anak bangsa dan Putera-puteri terbaik Indonesia, kini ada beberapa alat musim tradisional yang merupakan asli dari Indonesia, selain menjadi kebanggaan dari setiap daerahnya, alat musik ini sudah dikenal oleh mancanegara, bahkan sudah muncul di beberapa pertunjukan dunia, hal ini tentu harus kita jaga bersama, dengan cara mencintai produk asli indonesia, termasuk budayanya.

Sasando

Kisah Sasando Mencuri Perhatian di Vakantiebeurs

Salah satu musik tradisional ini berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur, bahkan alat musik tradisional ini sudah diusulkan untuk mendapatkan penghargaan dari UNESCO, Sasando memang mempunyai tampilan yang unik, alat musik ini mirip dengan Gitar memunculkan suara yang khas, bahkan alat musik tradisional ini pernah dibawakan dalam ajang pencarian bakat Asia’s Got Talent pada tahun 2015 oleh Djitron Pah, dan akhirnya membawa Sasando jadi dikenal oleh mancanegara.

Tifa

Alat musik tradisional ini dinilai mempunyai suara yang unik dan indah, hal ini pun menjadikan alat musik tradisional yang digemari oleh para turis, apalagi jika para turis sudah berkunjung ke Maluku atau Papua, biasanya mereka akan membeli Tifa sebagai oleh-oleh, hal inilah yang menjadi keterkenalan alat musik Tifa di mancanegara, selain itu Tifa beberapa kali menjadi alat musik yang ditampilkan di mancanegara.

Serune Kalee

Alat musik tradisional Serune Kale dan Sejarahnya Sarune Kale berasal dari  Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai jen… | Pertunjukan musik, Kale,  Musik tradisional

Serune Kalee merupakan alat musik tradisional yang berasal dari aceh, dan sangat populer di daerah Pidie, aceh utara, aceh besar, dan aceh barat. Biasanya alat ini sering dimainkan pada beberapa gelaran acara seperti hiburan, tari-tarian, juga sebagai Penyambutan Tamu Kehormatan. Serune Kalee merupakan alat musik Yang di Tiup, adapun bahan dasar Serune Kalee berupa kayu, Kuningan, dan Tembaga, bentuk alat musiknya mirip dengan Seruling bambu.

Categories: Music, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.