Membersihkan Telinga Secara Alami Tanpa Dikorek

Kotoran telinga punya fungsi melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Tapi kotoran telinga juga kadang mengganggu pendengaran. Kapan sebaiknya kotoran telinga dibersihkan? Kulit pada saluran telinga luar memiliki kelenjar khusus yang menghasilkan kotoran telinga yang dikenal sebagai cerumen.Biasanya, sejumlah kecil kotoran telinga berakumulasi kemudian mengering dan keluar dari saluran telinga, membawa partikel debu yang tidak diinginkan atau pasir. Sebagian besar saluran telinga dapat membersihkan sendiri, dengan cara lapisan kulit saluran telinga bermigrasi dari gendang telinga ke telinga pembukaan luar, lalu bagaimana cara membersihkan telinga dengan cara tanpa dikorek? Yuk simak caranya membersihkan telinga tanpa dikorek

Jangan korek dengan cutton bud

Jangan Asal! Ini Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Baik dan Benar

Membersihkan telinga dengan cutton bud sangat tidak dianjurkan, karena akan membuat kotoran semakin terdorong kedalam saluran telinga. Penggunaan cutton bud hanya untuk membersihkan telinga bagian luar saja.

Hindari pemakaian ear candle

Ear Candle, Cara Mudah Bersihkan Telinga - Tokopedia Blog

Membersihkan telinga menggunakan ear candle sangat tidak dianjurkan. Metode ini menggunakan lilin dari bahan linen, yang dimasukan kedalam rongga telinga dan ujung luarnya dibakar. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat ear candle untuk menghilangkan kotoran telinga.

Teteskan minyak zaitun atau baby oil

Menggunakan Obat Tetes Telinga | Daftar Harga & Tarif

Kedua cairan tersebut berperan sebagai pelembap, untuk melunakan kotoran pada telinga. Dengan demikian, kotoran telinga akan lebih mudah dibersihkan, bahkan bisa keluar dengan sendirinya.

Letakan bawang putih

Meletakkan Bawang Putih di Telinga Semalaman, Ini yang Akan Dialami Tubuh -  Semua Halaman - Nakita

Bawang putih mampu bersihkan kotoran telinga secara alami. Bawang putih juga mengandung senyawa anti bakteri untuk melindungi telinga dari segala bentuk infeksi dan pendengaran menjadi lebih luas.

Gunakan obat pelunak kotoran

Jangan Sembarangan, Bagaimana Cara Membersihkan Telinga?

Obat ini umumnya mengandung hydrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Kandungan ekstra oksigen pada obat ini, mampu membuat kotoran yang menggumpal pada telinga menjadi lebih lunak. Obat pelunak kotoran telinga ini mudah ditemukan di toko obat.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.