Fashion History: Mengenal Sejarah Jeans

Jeans memang item fashion yang digemari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa juga menyukai outfit dengan bahan jeans. Beberapa alasan jeans disukai berbagai kalangan diantaranya adalah bahannya yang tidak mudah sobek dan mudah dipadupadankan dengan outfit manapun. Tentunya jeans tidak tercipta begitu saja, terdapat sejarah dibaliknya berikut merupakan ulasannya.

Awalnya Untuk Celana Penambang

Awal Mula Jeans, Dari Pelaut ke Penambang Emas - BPPM Pasoendan

Pembuatan jeans pertamakali dibuat oleh pria asal Jerman Bernama Levi Strauss. Dimana pada tahun 1847 ia membawa beberapa potong tekstil yang akan ia jual di San Fransisco. Pada saat itu, pekerja tambang menjadi pekerjaan yang mainstream di kawasan Amerika Serikat. Sementara Levi mencoba peruntungannya dengan menjual bahan yang ia bawa dari Jerman ke para penambang emas. Tawaran tersebut langsung diterima oleh pekerja tambang, karena kain kanvas merupakan bahan yang tidak mudah sobek.

Perkembangan Jeans

Kini Digandrungi, Dulunya Celana Jeans Hanya Dipakai Pekerja Tambang  Amerika | Indozone.id

Mulai dari situlah Levi mulai rajin menekuni pembuatan celana jeans dan dijual kepada para penambang dengan jumlah yang banyak. Mulai dari situlah produksinya berimbas pada status sosial dan ekonomi yang ‘melabelkan’ bahwa celana jeans merupakan celana khusus untuk pekerja. Setelah itu, penggunaan jeans semakin meluas pada saat perang dunia pertama. Dimana pada saat itu para prajurit AS menggunakan jeans pada saat libur tugas. Dari situlah jeans merupakan pakaian yang harus dimiliki anak muda. Kini jeans menjadi fashion yang digunakan berbagai kalangan. Motifnya pun sangat beragam tak se-kaku dahulu. Selain itu kini, jeans tidak hanya digunakan untuk celana saja tetapi juga jaket, baju bahkan rok. Dan mungkin setelah ini akan lebih banyak lagi inovasi yang diterapkan pada bahan denim di dunia fashion.  

Categories: Fashion, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.