Mengapa Menangis Itu Penting?

Menangis sebetulnya merupakan sebuah hal yang manusiawi, namun kerap kali menuai stigma lemah. Padahal menangis merupakan salah satu sarana untuk meluapkan emosi seseorang, utamanya ketika tengah bersedih. Dari segi kesehatan, manusia bahkan dianjurkan untuk menangis. Kira-kira kenapa, ya?

Menenangkan Diri

Atasi Stres, Coba 7 Teknik Menenangkan Diri Ini

Melansir dari Healthline, menangis nyatanya mampu menenangkan diri. Menurut para peneliti, menangis dapat membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis atau parasympathetic nervous system (PNS). Saraf ini akan membantu tubuhmu lebih tenang setelah beberapa saat.

Memulihkan Keseimbangan Emosional

Cara Menenangkan Diri Saat Hati di Rundung Gelisah

Peneliti dari Yale University, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa menangis dapat membantu pemulihan keseimbangan emosional. Karena nyatanya kita menangis tak hanya ketika bersedih, namun dapat pula karena terlalu senang atau terlalu takut. Sehingga dengan keluarnya air mata membuat emosi menjadi lebih seimbang.

Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran

Sadar atau tidak, setiap hari mata kita terpapar oleh debu dan kotoran yang partikelnya sangatlah kecil bahkan tak terlihat. Hal ini dapat membuat mata menjadi iritasi dan melukai penglihatan. Ketika menangis mata akan otomatis dibersihkan oleh air mata, secara tak langsung debu dan kotoran di mata akan hilang.

Mengurangi Stress

5 Cara Menghilangkan Stres yang Bisa Anda Lakukan

Sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh University of Pennsylvania mengemukakan bahwa melalui menangis, hormon endorfin akan terangsang dan membuat diri kita merasa lebih baik. Lebih jauh, hormon ini akan membuat stres yang sedang kita rasa perlahan menghilang.

Tangisan Pertama Baik untuk Bayi

Mengapa Sebagian Bayi Menangis Tidak Keluar Air Mata? | Popmama.com

Bagi bayi, tangisan pertama merupakan hal yang paling penting. Terkadang dokter akan melakukan berbagai cara apabila bayi tak kunjung menangis. Bukan tanpa sebab, ternyata tangisan pertama merupakan sarana untuk membantu bayi mulai beradaptasi dengan oksigen dari luar.

Jadi, jangan menganggap bahwa menangis itu lemah, ya. Karena sebetulnya manusia juga butuh menangis.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.