Pentingnya Melakukan “Me Time” Demi Kesehatan Mental

Me time  adalah kegiatan untuk mengalokasikan waktu sejenak untuk diri sendiri. Ketika sudah lelah bekerja, berinteraksi dengan orang  banyak, atau merasa over working Anda butuh waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas. Me time dapat menjadi solusi ketika Anda sudah terlalu lelah dan kehilangan energi.

Selain dapat membuat Anda senang karena menghabiskan waktu dengan diri sendiri, me time  juga dapat berdampak positif terhadap mental Anda. Dengan melakukan me time, Anda dapat merasa pikiran lebih fresh, meningkatnya produktivitas, dan yang lebih penting adalah mengembalikan energi yang positif. Anda juga dapat mengalihkan pikiran-pikiran yang mengganggu. 

Menarik diri dari hiruk-pikuk kesibukan dan menghabiskan waktu dengan diri sendiri tidaklah egois. Justru, ini hal yang penting dilakukan guna menjaga kesehatan mental. Tentunya kita juga butuh untuk istirahat dan menarik diri sejenak dari sosial.

Jika ada yang mengatakan bahwa menghabiskan waktu sendiri adalah orang yang kesepian, itu salah besar. Me time berarti kita dapat mengenal diri sendiri lebih dalam lagi. Selain itu, kita akan lebih menghargai hubungan dengan orang lain sehingga kualitas hubungan dengan orang lain lebih meningkat.

Cara untuk Me Time

Apa Itu Me Time dan Arti Pentingnya bagi Kesehatan Mental? Halaman all -  Kompas.com

Tidak harus lama, Anda cukup memulainya sekitar 15 menit. Hal yang terpenting bukan soal durasinya, tetapi soal konsistensinya. Ketika sedang me time, hindari untuk membuka email pekerjaan dan tugas lainnya. Cukup nikmati waktu kesendirian dengan melakukan hal yang Anda sukai. 

Jangan merasa bersalah ketika meninggalkan pekerjaan, rasakan waktu dengan diri sendiri. Dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk kembali bersosialisasi dan bekerja. Anda juga tidak perlu memberi tahu secara detail orang terdekat mengenai kegiatan me time yang Anda lakukan, cukup sampaikan jika Anda akan meluangkan waktu sendiri.  

Usahakan untuk melakukan me time secara rutin di tengah kesibukan Anda. menyisipkan waktu untuk me time tidak merugikan sama sekali. Justru akan memberikan Anda sederet manfaat terutama kesehatan secara mental. 

Categories: Health, Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.