5 Kuliner Khas Indonesia Yang Hampir ‘Punah’, Langka Dicari!

Adanya inovasi dan pembaharuan-pembaharuan baru di industri kuliner, membuat makanan-makanan tradisional tergeser keberadaannya. Maka itu, tak jarang kuliner tradisional tersebut kini sulit ditemukan karena penjualnya sudah langka. Beruntunglah anda yang pernah merasakan kuliner tradisional ini, berikut deretan kuliner khas Indonesia yang sudah langka!

Clorot

Resep Membuat Kue Clorot

Bagi anda yang tinggal di daerah Purworejo dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Clorot terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dikukus kemudian dibalut dengan daun kelapa muda. Namun kini makanan tradisional ini telah jarang ditemukan sekalipun di pasar tradisional.

Sayur Babanci

Resep Sayur Babanci Khas Betawi yang Mudah Diikuti

Makanan yang berasal dari Betawi ini memang memiliki nama depan ‘sayur’, namun makanan ini berisi kelapa muda, daging sapi, kelapa muda dan bumbu kuah santan. Kuahnya yang asam pedas membuat masakan ini digemari pada zamannya, namun sekarang sudah mulai langka dicari.

Gulo Puan

Indonesia Palembang Street Food 3679 Gula Puan Kambang IwakYDXJ0825 -  YouTube

Gulo puan merupakan makanan yang berasal dari daerah Palembang. Makanan ini terbuat dari gula yang dicampur dengan susu kerbau. Makanan ini terancam punah karena susu kerbau yang sulit didapatkan.

Mie Lethek

Mie Lethek of Yogyakarta Special Region

Kuliner khas Bantul, Jawa Tengah ini memiliki arti ‘kurang menarik’. Hal tersebut dikarenakan tampilannya yang kurang menggoda karena warnanya yang gelap. Terbuat dari tepung tapioka dan gaplek (olahan singkong).

Grontol

Grontol Jagung dari Simbok Mertua Halaman all - Kompasiana.com

Dari penampilannya saja sudah bisa ditebak jika makanan ini berbahan dasar jagung rebus, kelapa parut dan gula pasir. Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini biasanya disantap untuk sarapan, namun kini sudah jarang terlihat.

Categories: Food Story, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.