Klorofil, Si Hijau Penuh Manfaat

Pernahkah Anda mendengar klorofil? Zat hijau pada daun ini berguna untuk menyerap energi matahari dan membantu jalannya proses fotosintesis. Selain itu, klorofil pula memiliki peranan yang penting dalam metabolisme tumbuhan. Ternyata tak hanya bagi tumbuhan, klorofil juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia.

Suplemen yang terkandung dalam klorofil bernama klorofilin, yang mengandung berbagai zat bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari vitamin hingga antioksidan tinggi. Lantas, apa sajakah manfaat klorofil bagi tubuh manusia?

Meningkatkan Kualitas Sel Darah Merah

Beberapa peneliti percaya bahwa salah satu manfaat dari klorofil adalah meningkatkan kualitas sel darah merah. Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Indian Pediatrics pada 2004, mengemukakan bahwa wheatgrass atau rumput gandum yang mengandung 70 persen klorofil membantu mengurangi jumlah transfusi darah bagi penderita thalassemia.

Detoksifikasi dan Pencegahan Kanker

Klorofil memiliki peran penting dalam detoksifikasi atau pembersihan tubuh dari zat berbahaya seperti racun bahkan limbah metabolisme. Hal ini dilakukan oleh oleh zat kimia bernama aflatoksin yang mampu mengikat erat zat karsinogenik.

Terdapat penelitian yang dipublikasikan dalam PubMed Central menemukan fakta bahwa klorofil dapat mengurangi sebesar 29 hingga 63 persen kecenderungan kanker hati. Selain itu, klorofil juga membantu mencegah tumor perut sekitar 24 hingga 45 persen. 

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat klorofil yang paling banyak diburu adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Faculty of Medicine, Lund University, Swedia pada 2014 menjelaskan bahwa klorofil dapat turut membantu mengurangi asupan makanan seseorang dan membuat kenyang lebih lama. Konsumsi jangka panjang dapat membuat berat badan turun.

Merawat Kulit

Manfaat selanjutnya dari klorofil adalah membantu mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka di kulit. Hal ini dilakukan oleh sebuah senyawa dalam klorofil yang bernama klorofilin. Sebuah studi menyatakan bahwa hal ini sangat efektif untuk merawat kulit dengan cara mengoleskan salep yang memiliki kandungan klorofilin.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai mencoba klorofil?

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.