Bahayanya Mandi Setelah Olahraga

Setelah berolahraga tentunya membuat tubuh kita kelelahan dan berkeringat. Membayangkan segera mandi untuk membasuh tubuh kita dengan air segar setelah berolahraga tentu terasa sangat menyenangkan dan menyegarkan. Saat berolahraga, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan agar otot-otot yang kaku menjadi regang dahulu supaya menghindari cedera. Begitu juga dengan pendinginan setelah berolahraga. Setelah olahraga tubuh kita akan panas dan tekanan darah juga meningkat, dan bahaya jika langsung mandi, berikut ini adalah beberapa bahayanya mandi setelah olahraga, diantaranya yaitu :

Penyempitan Pembulu Darah

6 Bahaya Langsung Mandi setelah Berolahraga, Bukan Mitos

Dalam kondisi yang masih berkeringat setelah olahraga, suhu tubuh kita masih panas dan apabila terkena air akan membuat perubahan suhu di tubuh kita menjadi tidak stabil. Dampak yang bisa langsung terasa apabila air memasuki tubuh melalui pori-pori yang terbuka ini adalah menggigil.

Nyeri Sendi Hingga Rematik

Radang Sendi Psoriasis, Penyebab Sendi dan Kulit Berkerut

Mandi sesaat setelah olahraga juga dapat membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap risiko nyeri sendi hingga rematik. Hal ini terjadi akibat tubuh yang harusnya melepas keringat, malah terhambat dengan masuknya air yang digunakan untuk mandi.

Mudah Terserang Flu

6 Bahaya Langsung Mandi setelah Berolahraga, Bukan Mitos

Memang segera mandi setelah berolahraga membuat tubuh terasa lebih cepat segar kembali. Namun ternyata, jika kondisi tersebut ternyata adalah momen melemahnya daya tahan tubuh, Pada saat-saat ini lah tubuhmu jauh lebih rentan terhadap berbagai virus, utamanya virus flu.

Resiko Serangan Jantung

Kematian Mendadak karena Serangan Jantung | Rumah Sakit EMC

Tak hanya peredaran darah dan hawa tubuh, namun kinerja jantung juga meningkat saat kita berolahraga. Jantung bekerja mengedarkan darah ke seluruh tubuh lebih ekstra dari biasanya.Maka dari itu, pendinginan setelah olahraga juga dibutuhkan untuk mengembalikan kinerja jantung hingga normal. Bukan tidak mungkin langsung mandi setelah olahraga dapat membuat shock hingga terkena serangan jantung.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.