Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Banyak yang langsung menggelengkan kepala saat membayangkan harus membasuh tubuh dengan guyuran air dingin begitu bangun tidur di pagi buta. Padahal, mandi air dingin bisa menjadi cara yang sehat untuk Anda memulai hari. Dan tidak hanya itu, mandi air dingin juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Mandi menjadi salah satu bagian penting dari rutinitas sehari-hari. Tak hanya menyegarkan, mandi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh menjadi bersih dan terawat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi air dingin bagi kesehatan diantaranya :

Menghaluskan Rambut dan Kulit

Cara Membuat Rambut Lebat, Mulai dengan Pijat Kulit Kepala

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Air panas yang bersifat melucuti minyak alami dan mengeringkan kulit. Sementara itu, air dingin justru mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Sirkulasi Udara

Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kaget yang kita rasakan dari guyuran air dingin pertama kali dapat memicu jantung agar lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh, yang kemudian bisa mempromosikan kesehatan yang lebih baik termasuk kesehatan kulit dan hati. Sirkulasi darah yang lebih lancar setelah mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun yang lebih baik.

Menurunkan Berat Badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada tubuh kita perlukan untuk berfungsi, dan kita tidak membakar lemak putih untuk energi.

Mempercepat Pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Cryotherapy, Efektifkah untuk Nyeri Otot Setelah Berolahraga?

Mandi air dingin terutama efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah Anda nge-gym. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.