Sebelum Memilih Skincare, Yuk Ketahui Dulu Jenis Kulitmu!

Masyarakat kini mulai mengerti dan memiliki kesadaran akan penggunaan skincare demi menjaga kesehatan kulit. Namun tahukah Anda, bahwa tak semua skincare yang beredar di pasaran terasa cocok bagi kulit Anda. Hal ini dikarenakan setiap produk memiliki fungsi yang berbeda.

Selain mengenali kebutuhan kulit Anda, pertama Anda harus mengenali jenis kulit sebelum mulai memilih skincare yang dirasa cocok. Mengenali jenis kulit jelaslah diperlukan agar tak terjadi breakout pada kulit. Lantas, apakah Anda telah mengenali jenis kulit wajah Anda?

Kulit Wajah Normal

Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Kering - Alodokter

Tipe kulit wajah normal memiliki kadar air dan minyak yang seimbang dalam wajah. Sehingga kulit tak terasa terlalu kering atau terlalu berminyak. Biasanya, kulit wajah normal cenderung lebih mudah untuk dirawat dan tak memiliki permasalahan yang serius. 

Kulit Wajah Berminyak

Miliki Kulit Wajah Berminyak, Ladies Jangan Sampai Pilih Skincare yang  Miliki Kandungan Ini - Semua Halaman - Otofemale

Tipe kulit wajah berminyak memiliki ciri khas kulit yang terlihat licin bahkan memiliki efek mengkilap, karena produksi minyak dan sebum berlebih yang dikeluarkan oleh kulit. Sebum dan minyak berlebih ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon, stres, maupun faktor genetik. Produksi minyak berlebih ini kerap kali dijumpai dalam T zone yakni dahi, hidung, dan dagu.

Kulit Wajah Kering

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering dan Mengelupas

Tipe kulit ini merupakan kebalikan dari tipe kulit berminyak. Kulit terasa kering bahkan pecah-pecah karena kelembaban pada kulit terlalu sedikit. Ketika sudah parah kulit yang terlalu kering dapat terasa kasar, bersisik, bahkan gatal. Tipe kulit ini dianjurkan menggunakan pelembab agar kulit tak semakin kering.

Kulit Wajah Kombinasi

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah, Anda Termasuk yang Mana? - Gaya Tempo.co

Kulit wajah kombinasi merupakan gabungan antara kulit wajah kering dan berminyak. Apabila Anda merasa bagian T zone anda terasa berminyak, namun bagian lainnya terasa kering maka kulit Anda memiliki tipe kombinasi. Tak perlu khawatir, karena tipe kulit ini dimiliki oleh banyak orang.

Kulit Wajah Sensitif

Beauty Journal - Situs kecantikan dan gaya hidup andalan wanita masa kini.

Seperti namanya, tipe kulit ini sangatlah sensitif dan mudah mengalami alergi bahkan ruam. Ciri dari pemilik kulit sensitif adalah gatal, kemerahan, bahkan terasa terbakar. Jika Anda memiliki kulit sensitif, segera carilah penyebabnya atau langsung berkonsultasi dengan dokter.


Kini Anda telah mengetahui tipe kulit Anda, jadi jangan salah pilih skincare, ya!

Categories: Beauty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.