Sering Merasa Cemas? Begini Cara Mengatasinya

Sebagai manusia sangat wajar untuk merasa cemas akan suatu hal. Namun, perlu diperhatikan jika Anda terlalu sering cemas. Merasa cemas dan memiliki gangguan kecemasan adalah dua hal yang berbeda, untuk mengetahuinya Anda perlu memeriksanya kepada tenaga medis.

Biasanya ketika kita cemas akan muncul banyak pikiran negatif yang mengganggu pikiran, rasa gelisah yang berlebih, bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika rasa cemas hanya sesekali muncul saat menghadapi situasi yang sulit itu wajar. Tetapi, jika Anda sering merasa cemas karena alasan yang tidak jelas, berlebihan, dan sulit untuk diatasi, bisa jadi disebabkan oleh gangguan kesehatan.

Ada beberapa cara yang dilakukan ketika Anda mengalami cemas, berikut penjelasannya!

Menarik nafas dalam-dalam

Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Kecemasan - Alodokter

Merasa cemas hingga detak jantung berdetak lebih kencang? Take a deep breath. Cobalah untuk menarik nafas panjang selama lima detik, tahan lima detik, dan hembuskan dengan pelan. Dengan mengatur nafas, perlahan detak jantung Anda kembali normal dan juga kembali lebih tenang.

Lakukan jogging atau yoga

Biar Gak Cepat Tua, 5 Hal Ini Wajib Dihindari Saat Olahraga

Terkadang, cara terbaik untuk mengalami kecemasan adalah dengan lari dari situasi yang membuat cemas. Mengambil waktu untuk berjalan santai sejenak ataupun melakukan yoga singkat selama 15 menit akan membuat Anda lebih fokus kepada tubuh, bukan kepada pikiran Anda yang cemas. 

Jangan lupa makan dan minum yang cukup

Minum Air Putih Setelah Makan Justru Bahaya, Mitos atau Fakta?

Ketika sedang merasa cemas yang berlebih, Anda akan lebih fokus dengan pikiran Anda sehingga lupa akan hal lainnya. Jangan sampai Anda lupa untuk makan dan minum, karena kadar gula yang rendah akibat telat makan akan membuat rasa cemas Anda semakin memburuk.

Menuliskan yang ada dipikiranmu

Pengen Bisa Jago Nulis? Inilah Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui! | Rencanamu

Menuliskan hal yang dapat membuat Anda cemas dapat membuat pikiran cemas tersebut sirna dan Anda akan merasa lebih lega. Lebih baik jika Anda dapat berbagi kecemasan dengan orang terdekat Anda. Jika dirasa sulit untuk bercerita, alternatifnya Anda dapat menuliskannya.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.