Sleepwalking (Tidur berjalan)

Sleepwalking adalah tindakan bangun dan berjalan ke sekeliling saat tidur. Tidur berjalan paling sering terjadi pada anak-anak, yang biasanya menghilang pada usia remaja. Tidur berjalan biasanya terjadi 1-2 jam setelah tertidur di malam hari, seringkali berjalan saat tidur (sleepwalking) adalah kejadian acak dan tidak berbahaya. Jarang terjadi perilaku yang tidak biasa, misalnya memanjat keluar jendela atau buang air kecil di lemari.

Penyebab Penyakit Tidur Berjalan

How Does Sleepwalking Start - Discover the News,Travel, Sports, Fashion,  Events

Belum di ketahui pasti penyebab dari tidur berjalan namun kondisi ini di duga diturunkan dari kedua orang tuanya, jika kedua orang tua memiliki riwayat tidur berjalan maka anaknya beresiko punya kebiasaan tidur berjalan juga. Meskipun belum diketahui pasti penyebab penyakit tidur berjalan ada beberapa kondisi yang sering dikaitkan dengan terjadinya sleepwalking, yaitu: :

  • Kelelahan
  • Kurang Tidur
  • Strees
  • Penggunaan obat tertentu, seperti antipsikotik, stimulan, atau antihistamin

Selain kondisi-kondisi di atas, beberapa kondisi kesehatan, seperti demam, GERD, asma,  gangguan irama jantung, sleep apnea, atau sindrom kaki gelisah , juga sering dihubungkan dengan munculnya penyakit tidur berjalan.

Komplikasi sleepwalking

Mengalami tidur berjalan mungkin kecil kemungkinannya menyebabkan masalah. Namun jika gejala yang dialami cukup parah anda mungkin saja mengalami hal-hal berikut :

  • Cedera, contoh jatuh saat menaiki atau menuruni tangga
  • Jarang terjadi tapi bisa saja melukai orang di sekitar Anda ketika episode berlangsung.
  • Gangguan tidur berkepanjangan yang bisa menyebabkan kekurangan tidur dan mengantuk di siang hari, sehingga produktivitas menurun.

Pengobatan untuk sleepwalking (tidur berjalan)?

Bahaya! Jangan Tidur Saat Rambut Masih Basah Setelah Keramas

Pengobatan untuk tidur berjalan yang jarang terjadi biasanya tidak Anda perlukan karna kondisi yang terjadi pada anak biasanya akan menghilang pada saat remaja.

Pengobatan mungkin perlu Anda lakukan jika terdapat konsekuensi negatif dari gangguan tidur ini, seperti risiko cedera, malu, atau mengganggu orang lain. Pengobatan dari sleepwalking ini dapat meliputi:

  • Bangun dengan antisipasi, bangunkan orang yang tidur berjalan sebelum 15 menit dia tidur berjalan kemudian biarkan bangun selama 5 menit sebelum tidur kembali.
  • Pengobatan sleepwalking di rumah, Cobalah untuk tetap positif, karena walaupun mengganggu, tidur berjalan biasanya bukanlah kondisi yang serius dan akan hilang dengan sendirinya.
  • Terapi, Dokter mungkin juga akan merekomendasikan terapi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.