Makanan Pencegah Masuk Angin dan Perut Kembung

 Masuk angin dan kembung adalah masalah sepele yang bisa terjadi pada siapa dan kapan saja. Meskipun begitu, harus ditangani agar tidak mengganggu aktivitas. Salah satunya dengan beberapa jenis makanan. Gangguan itu membuat daya tahan tubuh menurun bahkan perut akan terlihat buncit. Hal itu disebabkan terlalu banyak gas atau zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Selain itu, bisa juga karena makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, minum dari sedotan, mengunyah permen karet terlalu lama, dan perubahan hormon saat wanita menstruasi. Selain cara diatas, masih ada pencegahan masih angin dan kembung yang lebih efektif dan nikmat, yaitu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut ini beberapa jenis masakan yang pas dikonsumsi saat kondisi badan sedang tidak fit, diantaranya yaitu :

Sup Ayam

Cara Membuat Sup Ayam Bening Praktis Super Lezat | ResepIstimewa 2020

Peneliti dari Nebraska University mengungkapkan bahwa sup berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin. Selain itu, relatif paling aman juga bagi penderita maag serta sebagai pereda pilek atau influenza.

Bawang Putih

Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Bawang Putih Halaman  all - Kompas.com

Senyawa allicin yang dikandung bawang putih berfungsi untuk antibakteri dan antijamur. Namun, bumbu dapur yang satu ini tidak cocok untuk mengobati semua penyakit, misalnya penderita maag akut sebaiknya hati-hati mengonsumsi saat masuk angin.

Jus Jeruk

Jus Jeruk, Solusi Sehat Mengatasi Sembelit

Jeruk mengandung vitamin C sebagai antioksidan alami yang membantu tubuh melawan infeksi. Meskipun begitu, jeruk juga mengandung asam yang lumayan tinggi, yang tidak bagus bagi pengidap penyakit maag akut.

Teh Pappermint

8 Manfaat Minum Teh Peppermint: Mengatasi Perut Kembung & Bau Mulut -  Tirto.ID

Peppermint berfungsi sebagai dekongestan, ekspektoran, dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan meredakan batuk. Bahkan menjadi salah satu pilihan aman bagi penderita maag dalam porsi aman.

Jahe

Jenis rempah ini paling manjur menyembuhkan berbagai penyakit, terutama masuk angin. Tanaman asli Asia Tenggara ini bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi gas berlebihan pada tubuh. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.