Tips Mengkonsumsi Seafood Tanpa Takut Kolesterol

Bargi para penggemar makanan laut, Berbagai menu seafood seperti udang saus tiram, kepiting saus padang, dan cumi goreng memang punya rasa yang sangat enak dan bisa bikin ketagihan. Selain itu, makanan laut juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan zat gizi lainnya sehingga baik untuk kesehatan. Namun, perlu berhati-hati juga saat mengonsumsi jenis makanan ini, apalagi untuk pengidap kolesterol, karena seafood memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Karena itu, bagi para penggemar seafood perlu tahu aturan makan seafood berikut untuk mencegah kolesterolmu melonjak drastis.

Mambatasi Porsi

Tak Bikin Kantong Bolong, Resto Seafood Enak Ini Harganya di Bawah Rp 50.000

Menurut American Heart Association, asupan kolesterol perhari sebaiknya tidak lebih dari 300 mg. Bila total asupan kolesterol yang kamu konsumsi di atas jumlah tersebut, maka kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah, sehingga kamu berisiko tinggi mengalami penyakit jantung maupun stroke. makan seafood boleh saja, asal jangan sampai melampaui batas porsi. Sebaiknya batasi asupan makanan lautseperti kerang, kepiting, maupun udang hanya sekitar 8 ons saja dalam seminggu. Total kalori yang terdapat dalam jumlah makanan tersebut adalah sebesar 226 mg, sehingga masih dianggap aman untuk kesehatan.

Masak Dengan Cara Yang Sehat

Turunkan Kolesterol, Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan Seafood

Seafood yang dimasak dengan cara digoreng dapat memberikan lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh,sehingga akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jadi, bila ingin mengonsumsi seafood tanpa perlu khawatir kolesterol naik, pilihlah menu seafood yang diolah dengan cara yang sehat seperti dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali.

Gunakan Rempah-rempah

6 Bumbu dan Rempah yang Cocok untuk Seafood Bakar

memasukkan banyak garam, kamu bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu lainnya yang bisa membuat rasa seafood semakin istimewa serta menjaga kelembapan dagingnya. Beberapa rempah ternyata juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Dilansir dari WebMD, bawang putih dilaporkan dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL. Jadi, jangan lupa untuk tambahkan bawang putih ke dalam masakan seafood kamu agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Tambahkan Perasan Jeruk Lemon

Makan Udang Lalu Minum Es Jeruk, Ini Efeknya Bagi Tubuh

Selain mengurangi rasa amis pada seafood, kandungan vitamin C dan flavonoid yang terdapat dalam perasan jeruk lemon juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Lengkapi Dengan Makanan Berserat

Manfaat Kacang Buncis Sayuran Diet yang Tidak Boleh Kamu Lupakan - WRP  Indonesia

Saat ingin mengonsumsi makanan laut di restoran, jangan lupa juga untuk memesan makanan berserat sebagai pendamping hidangan seafood kamu. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Jadi, kamu bisa memesan sayuran atau kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang buncis untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dari seafood yang kamu konsumsi.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.