Berkenalan dengan “Bulk Store”, Konsep Toko yang Mengusung Zero Waste

Zero waste merupakan gaya hidup yang tidak menghasilkan sampah sama sekali. Gaya hidup ini berusaha seminimal mungkin tidak menghasilkan sampah, demi menjaga lingkungan. Adanya kegelisahan mengenai sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga kemudian muncul konsep bulk store.

Bulk store merupakan toko yang menerapkan konsep zero waste. Sama halnya seperti supermarket yang menjual berbagai kebutuhan primer seperti bahan makanan, sabun, sampo, camilan, dan kebutuhan lainnya. Konsepnya, bulk store tidak menggunakan plastik sebagai kemasan tetapi pembeli datang dengan membawa wadah sendiri dan semua barang dijual secara grosir.

Selain tidak menggunakan plastik, bulk store juga menjual produk-produk organik yang ramah lingkungan dan berasal dari bahan-bahan alami. Berbeda dengan supermarket atau pasar pada umumnya, produk yang dijual di bulk store biasanya homemade bukan produk buatan pabrik yang biasanya tidak ramah lingkungan. 

Cara berbelanja di bulk store

Mengenal Bulk Store, Gaya Belanja Baru Ramah Lingkungan Halaman 1 -  Kompasiana.com

Karena konsepnya zero waste yang tidak menggunakan plastik, jika Anda ingin berbelanja di bulk store perlu untuk membawa wadah sendiri. Tapi tenang! Jika tidak membawa, setiap toko menjual wadah seperti jar atau toples Anda dapat membelinya. 

Semua produk dijual secara grosir dalam hitungan gram atau liter. Jadi, di awal Anda perlu menimbang wadah yang Ada beli terlebih dahulu sebelum mengisinya dengan kebutuhan yang akan dibeli. Setelah itu, baru dapat ditimbang kembali bersama produk yang Anda beli, kemudian membayarnya. 

Kelebihan berbelanja di bulk store

Apa itu Bulk Store? Yuk, Ketahui Semua Hal Tentang Bulk Store

Ada banyak dampak positif jika Anda berbelanja di bulk store, yang paling utama adalah Anda turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan karena menggunakan wadah yang reusable. Berbelanja menggunakan wadah sendiri juga menjadi lebih efisien karena Anda tidak perlu memindahkannya lagi ke wadah lagi.
Meski harganya cenderung lebih mahal ketimbang pasar atau supermarket lainnya, tapi bulk store menawarkan hal lain yang tidak akan Anda dapatkan di toko lain. Anda dapat menemukan beberapa bulk store di Bandung. Seperti Warung Sehat 1000 Kebun di Arcamanik, Toko Organis di Jalan Batik Tiga Negeri, dan Toko Nol Sampah di Jalan Bima.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.