Chia Seeds. Biji-bijian yang Kaya akan Manfaat

Chia seeds adalah biji hitam kecil yang berasal dari tanaman chia atau salvia hispanica. Biji-bijian ini berasal dari Meksiko dan Guatemala, chia seeds juga menjadi makanan pokok bagi suku Aztec dan Maya Kuno. Faktanya, kaya ‘chia’ berasal dari bahasa maya kuno yang artinya ‘kekuatan’. 

Chia seeds tergolong sebagai makanan sehat atau super food yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat chia seed? Berikut penjelasannya!

Menjaga berat badan tetap ideal

5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal | Popmama.com

Sudah tidak asing lagi jika chia seeds dikonsumsi untuk diet. Ternyata, ini terjadi karena chia seeds memiliki kandungan protein yang melimpah dan dapat menjaga berat badan di angka normal. Adanya asupan protein yang tinggi ke dalam tubuh dapat membantu mengurangi nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan ringan di luar jam makan yang utama. 

Dapat menurunkan kadar gula darah

10 Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami saat Puasa, Efektif!

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukan jika chia seeds dapat mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes karena chia seeds dapat juga meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Untuk bukan penderita diabetes juga akan sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti penyakit jantung. 

Menurunkan tekanan darah tinggi

8 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit, Coba Pijat  Telinga dan Leher - Bangka Pos

Tekanan darah tinggi dapat menjadi faktor utama bagi penyakit jantung. Chia seeds dan tepung dari chia seeds dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi. Adanya kandungan serat, protein, dan asam lemak omega 3 membuat chia seeds dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Mencegah peradangan kronis

4 Makanan Pemicu Peradangan

Manfaat lainnya adalah dapat mencegah peradangan kronis, biasanya peradangan yang muncul berasal dari kulit yang membengkak atau kemerahan. Nah, dengan mengkonsumsi chia seeds dapat mengurangi inflamasi atau peradangan yang kronis.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.