Mengenal Gaya Hidup Less is More bagi Masyarakat Modern

Apakah Anda pernah mendengar konsep less is more? Sebuah frasa yang berasal dari Bahasa Inggris ini memiliki arti sebuah konsep atau gagasan yang mengedepankan kesederhanaan dan kejelasan dalam sebuah desain. Frasa ini pertama kali digunakan oleh seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe pada tahun 1907.

Dalam kacamata gaya hidup, konsep less is more ini kerap kali dikenal pula dengan konsep minimalis. Konsep hidup ini mengusung kesederhanaan dan pengurangan banyak properti yang dirasa tak dibutuhkan. Meski terkadang mendapatkan stigma ‘pelit pada diri sendiri’ nyatanya konsep less is more digemari karena memiliki berbagai manfaat, apa sajakah?

Menghemat Pengeluaran

5 Langkah Menghemat Pengeluaran - Akseleran Blog

Prinsip utama dari gaya hidup minimalis adalah tak menghamburkan uang pada barang-barang yang dirasa kurang penting. Kuncinya adalah membeli hal yang dibutuhkan, bukan hal yang diinginkan. Oleh karena itu, barang yang Anda beli tidak akan terlalu banyak dan pastinya akan menghemat pengeluaran.

Jauh dari Kata Boros

Tips Mengelola Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

Bye bye hidup boros! Dengan gaya hidup minimalis, Anda akan semakin terbiasa untuk menghemat berbagai hal karena merasa hal-hal yang dimiliki begitu berharga. Dari sini, Anda akan menghindari pola pikir konsumerisme dan pastinya tidak akan boros.

Punya Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

5 Manfaat Me Time Setelah Bekerja Sepanjang Hari | Entrepreneur Camp

Sadar atau tidak, gaya hidup minimalis ini akan membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Hal ini dikarenakan barang yang Anda miliki tak terlalu banyak, sehingga Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan atau merapikan barang-barang tersebut. Kabar baik lainnya, waktu tersebut bisa Anda alokasikan untuk sekadar membuat diri Anda lebih rileks.

Mengurangi Stress

5 Cara Menghilangkan Stres yang Bisa Anda Lakukan

Secara tak langsung, gaya hidup less is more ini akan membuat Anda jauh dari kata stress. Mengapa demikian? Setelah mendalami kehidupan minimalis ini, Anda akan semakin terbiasa untuk mencari kebahagiaan dari hal-hal kecil di sekitar. Tekanan yang Anda rasakan pun akan lebih berkurang dibanding biasanya karena Anda tak terlalu menekan diri untuk mengejar kepuasan yang besar.


Jadi, apakah Anda sudah siap dengan gaya hidup less is more ini?

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.