Mengenal Jenis-jenis Mangga Yang Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama buah yang cukup populer di Indonesia, mungkin mangga adalah salah satunya. Meskipun masing-masing jenis pohon mangga memiliki bentuk yang cenderung sama, namun buah yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan. Tak hanya bentuk fisik, masing-masing jenis juga memiliki warna dan tekstur buah yang berbeda. Meski begitu, mangga dengan rasa manislah yang kerap menjadi incaran. Berikut ini adalah beberapa jenis mangga yang popular di Indonesia, diantaranya :

Mangga Gedong Gincu

Wow.. Mangga Asal Cirebon Ini Harganya Capai Rp. 1 Juta Per Kg

Mangga yang berasal dari Cirebon ini memiliki warna kuning yang kemerahan. Jika melihat fisiknya, ukuran buah ini memang lebih kecil dari mangga pada umumnya. Bentuk mangga ini pun lebih sedikit lonjong. Selain di Cirebon, mangga gedong gincu juga mudah ditemui di Indramayu. Meski berasal dari jenis yang sama, namun gedong gincu asal Indramayu memiliki rasa yang lebih manis.

Mangga Arumanis

This image has an empty alt attribute; its file name is manggaa.jpg

Sesuai dengan namanya, jenis mangga yang satu ini memiliki aroma harum dan rasanya yang manis. Mangga yang juga dikenal dengan nama mangga gadung ini berasal dari Probolinggo dan menjadi buah kebanggan daerah tersebut.

Mangga Alpukat

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia | Blog  Sayurbox

Penamaan mangga alpukat diberikan bukan karena bentuknya yang mirip dengan buah alpukat, namun karena cara memakan mangga ini mirip seperti memakan buah alpukat. Mangga jenis ini merupakan buah hasil perkawinan antara mangga gadung dan mangga madu. Tak hanya itu, buah ini juga menjadi salah satu satu buah khas daerah Pasuruan.

Mangga Kweni / pakel

Waduh, Buah Mangga Kweni Sangat Berbahaya untuk Ibu Hamil - G...

mangga ini memiliki beberapa nama lain seperti kabeni, pekel, lekup, macang, bembem, dan lainnya. Untuk warna buahnya sendiri, mangga ini memiliki daging buah berwarna orange dengan rasa yang manis. Sayangnya, tekstur seratnya yang agak kasar cukup mengganggu saat dikonsumsi.

Mangga Indramayu / Cengkir

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia | Blog  Sayurbox

Sesuai dengan namanya, mangga ini berasal dari Indramayu. Mangga ini juga memiliki nama lain, yaitu mangga cengkir. Jenis mangga ini dikenal karena teksturnya yang manis, empuk, dan lembut. Secara fisik, mangga ini memiliki warna hijau kekuningan saat matang, sedangkan dagingnya berwarna kuning agak orange.

Categories: Food Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.