Merasa Ngantuk Meski Sudah Minum Kopi? Inilah Alasannya!

Banyak orang menyarankan untuk minum kopi atau minuman berkafein lainnya ketika kantuk menyerang. Bagi sebagian orang, hal ini memiliki dampak yang signifikan untuk menghilangkan rasa kantuk. Tetapi jika kantuk tak kunjung hilang, maka ini dia jawabannya!

Kurang Tidur

10 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Tidur - Health Liputan6.com

Tahukah Anda, bahwa meminum kopi namun Anda sebetulnya kekurangan tidur merupakan sebuah kesalahan? Hal ini dikarenakan semakin kekurangan tidur, maka senyawa Adenosin yang akan membuat tubuh lelah akan semakin banyak. Sehingga peran kafein yang dihasilkan oleh kopi tak terasa.

Terlalu Banyak Pemanis

Pelajaran berharga dari secangkir kopi dan gula

Apakah Anda termasuk penikmat kopi manis? Dengan tambahan gula, sirup beraneka rasa, hingga whipped cream membuat cita rasa kopi semakin unik. Sayangnya, penambahan pemanis ini membuat Anda merasakan sugar crash atau kehilangan energi secara mendadak dan mengakibatkan kelelahan hingga mengantuk.

Tubuh Kesulitan Mencerna Kafein

Badan Lemas dan Sering Ngantuk, Gejala Anemia Sel Sabit?

Tak semua tubuh manusia dirancang untuk menerima kafein dengan mudah. Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan oleh Northwestern University Feinberg School of Medicine, terdapat beberapa gen yang memiliki resistensi tinggi terhadap kafein. Hal ini menyebabkan kopi tak bisa melawan rasa kantuk Anda.

Terlalu Terbiasa dengan Kafein

Jika ada tubuh yang memiliki resistensi tinggi terhadap kafein, ada pula tubuh yang kehilangan efek dari kafein karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein secara berlebih. Apabila Anda sudah berada di tahap ini, hati-hati ya karena kandungan kafein terlalu tinggi pada tubuh tidaklah baik.

Kafein memiliki berbagai dampak pada tubuh. Jangan sampai kopi yang niatnya untuk mengusir kantuk, malah jadi mendatangkan berbagai penyakit serius, Jangan lupa jaga kesehatan dan olahraga teratur, ya!

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.