Tips Mengolah Telur Agar Lebih Sehat

Siapa yang tak suka telur ayam? Bahan makanan hewani ini kerap kali menjadi primadona karena mudah dijumpai. Harganya pun relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan panganan hewani lainnya. Rasa dan teksturnya pun khas, juga kaya akan berbagai nutrisi. 

Kandungan protein merupakan salah satu nutrisi terbanyak yang dimiliki oleh telur. Bahkan, telur mendapat julukan Superfood karena ini. Selain itu, kalori yang terkandung dalam telur cukup rendah hanya sekitar 77 kalori yang membuatnya ramah bagi Anda yang tengah diet. 

Dengan nutrisi yang begitu kaya, pahami cara mengolah telur agar tak banyak kandungan gizi yang hilang. Berikut tips memasak telur dengan baik

Pilih Metode Memasak yang Rendah Kalori

Sering Makan Telur Rebus Bikin Kolesterol Naik? Ini Jawaban Hasil Penelitian

Jika Anda tengah mencoba untuk mengurangi kalori, maka pilihan yang paling tepat adalah membuat telur rebus. Karena tak ada tambahan lemak ekstra dari minyak, telur rebus jelas lebih rendah kalori apabila dibandingkan dengan telur goreng. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan garam dan lada.

Pilih Telur dengan Kandungan Nutrisi Paling Tinggi

Berbagai Manfaat Kuning Telur dan Tips Sehat Mengonsumsinya - Alodokter

Melansir dari jurnal yang dipublikasikan oleh PubMed, terdapat beberapa faktor yang membuat kandungan nutrisi dan kualitas setiap telur berbeda. Seperti pola makan ayam, pakan yang diberikan, hingga teknik yang diterapkan dalam peternakan. 

Apabila peternakan organik dan peternakan kandang biasa dibandingkan, telur yang berasal dari ayam yang dipelihara secara bebas dengan pakan organik akan menghasilkan kualitas telur yang lebih baik.

Tambahkan Sayuran dalam Pengolahannya

Diet Telur Rebus, Bagaimana Cara Kerjanya? | Watsons Indonesia

Kaya akan serat dan zat besi membuat sayuran sangat cocok apabila dikombinasikan dengan telur. Hal ini akan membuat asupan gizi Anda lebih beragam dan pastinya lebih sehat. Contoh sederhananya adalah membuat telur rebus dan dimakan dengan sayuran rebus seperti brokoli atau wortel.

Jangan Diolah Hingga Terlalu Matang

Cukup 5 Menit Memasak Telur Setengah Matang yang Lezat

Tahukah Anda bahwa semakin lama memasak telur maka nutrisinya akan semakin berkurang? Selain itu apabila Anda menggunakan penggorengan dengan suhu yang terlalu panas, bukan nutrisi baik yang Anda terima melainkan kolesterol teroksidasi yang akan dapatkan.

Categories: Health, Tips Dapur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.