Bukan Stress Biasa, Kenali Burnout yang Perlu Diwaspadai

Istilah burnout sudah tidak asing lagi, kondisi burnout digambarkan sebagai stress berat yang menyebabkan kelelahan secara fisik, mental, dan emosional yang parah. Siapa pun dapat mengalami burnout jika terus-terusan mengalami stress tingkat tinggi hingga lelah secara psikis. Biasanya burnout dialami oleh pekerja yang banyak berinteraksi dengan banyak orang.

Orang yang mengalami burnout seringkali merasa tidak punya kemampuan untuk diberikan dan takut untuk bangun setiap paginya. Mereka sering merasa pesimis akan hal yang sedang dilakukan hingga merasa putus asa. Kondisi ini tidak dapat diabaikan dan perlu diobati oleh tenaga medis sebelum mengalami psikologis yang serius.

Apa tanda mengalami burnout?

Burnout? Kenali 10 Tanda Berikut dan Cara Mengatasinya | HonestDocs

Apakah Anda pernah mengalami lelah hingga tak berdaya, pekerjaan menumpuk, dan hasil kerja Anda tidak dihargai? Kondisi seperti ini membuat Anda malas untuk beranjak dari kasur karena merasa lelah secara psikis. Nah, kondisi ini dapat disebut sebagai burnout syndrome. Namun, gejala burnout tidak akan terjadi dalam semalam, umumnya terjadi secara bertahap.

Ciri utama seseorang mengalami burnout adalah kondisi fisik yang lelah, kehabisan energi, dan merasa buntu saat sedang bekerja. Selain itu, biasanya akan merasa bahwa pekejaannya sangat banyak hingga membuat stress dan frustasi. Akibatnya, kelelahan fisik yang berlebih akan muncul gejala emosional seperti meragukan diri sendiri dan kehilangan motivasi. 

Cara mengatasi burnout

Ketika Anda mengalami burnout dan merasa tidak ada yang menolong, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi burnout. Anda dapat melakukan olahraga, tidak hanya sehat secara fisik namun Anda juga dapat lebih sehat secara mental karena olahraga dapat memberi dorongan emosional yang positif.

Jika burnout Anda di tahap sulit tidur, maka Anda perlu mulai memperbaiki kebiasaan tidur. Tubuh Anda perlu untuk beristirahat, kebiasaan tidur yang sehat dan cukup sangat penting bagi kesehatan. Untuk itu, dapat dimulai dari tidak menggunakan ponsel sebelum tidur dan membersihkan kamar agar tidur menjadi lebih nyenyak. 

Saat sudah merasa tidak dapat menghadapi sendiri, Anda dapat meminta bantuan kepada orang terdekat ataupun tenaga profesional agar mendapatkan solusi yang tepat. Jangan biarkan Anda mengalami ini sendirian, cobalah untuk mengabarkan kepada teman atau keluarga agar Anda tidak sendirian melewati ini. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.