Cintai bumi cintai lingkungan

Setiap tanggal 5 Juni hari Lingkungan hidup Sedunia, yang  selalu diingat oleh  masyarakat internasional sebagai ‘alarm’ keprihatinan terhadap terkikisnya daya dukung komponen lingkungan hidup sebagai instrumen pokok keberlangsungan hidup manusia.

Pada hakekatnya, hari lingkungan hidup merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait penyelamatan planet bumi, perlindungan alam, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan. 

Mulai Menanam Pohon  dari lingkungan sekitar 

Selamatkan bumi dengan 3 cara ini, Parents sudah ikutan? | theAsianparent  Indonesia

Jumlah hutan yang semakin menyusut ditambah dengan produksi emisi yang semakin banyak semakin membuat atmosfer bumi panas dan mempercepat terjadinya perubahan iklim. Pemerintah Indonesia mengambil tindakan untuk menanggulangi kerusakan hutan ini dengan mengajak masyarakat Indonesia menanam pohon.

Gunakan Kendaraan Umum

Keuntungan Bepergian Menggunakan Transportasi Umum - Futuready

Tinggalkan kendaraan pribadi di rumah dan mulailah bepergian dengan kendaraan umum atau berjalan kaki, bersepeda, atau carpooling (menggunakan satu mobil yang memuat banyak orang) setiap harinya akan mengurangi emisi kendaraan serta menghambat perubahan iklim

Kurangi Botol Minuman Sekali pakai

5 Langkah Sederhana Mengurangi Sampah Kemasan -  http://dikes.badungkab.go.id/puskesmaskutasatu

Meskipun gas yang dilepaskan plastik sebenarnya hanya berkontribusi dalam jumlah kecil pada keseluruhan gas rumah kaca yang ada di dunia, tapi bila pemakaian plastik tidak dihentikan atau dikurangi, maka jumlah gas rumah kaca akibat plastik yang terkena panas akan terus bertambah.

Kurangi Penggunaan kertas 

Go Green Office, Bagaimana Cara Mengurangi Penggunaan Kertas?

Setiap 15 rim kertas ukuran A4 itu akan menebang 1 pohon. Setiap 7000 eks lempar koran yang kita baca setiap hari itu akan menghabiskan 10-17 pohon hutan. Dalam satu hari ada berapa jutaan lembar kertas yang dipakai oleh orang Indonesia, dan ini artinya ada jutaan pohon hutan yang ditebang untuk memenuhi kebutuhan itu.

Hemat Penggunaan Energi Listrik 

Cara Hemat Energi Listrik Agar Tidak Boros dan Ramah Lingkungan - Tirto.ID

Anda dapat mematikan laptop, komputer, televisi, dan lampu bila tidak digunakan. Asal tahu saja, dengan melakukan hal tersebut Anda sudah ikut menyelamatkan Bumi. Asal tahu saja, semakin tinggi penggunaan listrik semakin tinggi pula gas karbon yang dihasilkan untuk memproduksi listrik.

Usahakan Untuk Memilah sampah

7 Tips Memilah Sampah Dapur - Kanya.ID

Manfaatkan sampah dengan menyediakan kompos di lingkungan permukiman. Dari hasil sampah bisa dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa dijadikan kompos, sedangkan sampah anorganik bisa dipilah lagi menjadi produk daur ulang. 

Gunakan Air Secukupnya

Hemat dalam Gunakan Air Bersih, Bisa Memperpanjang Ketahanan Air Baku -  Tribun Batam

Memang sedikit agak remeh, tetapi membiarkan  namun air bocor  sama halnya dengan siakan 1 persen air di bumi yang dapat diminum. Saat mandi gunakan air secukupnya. Ratusan liter air terbuang percuma sementara hanya 1 dari 5 penduduk bumi yang merasakan air bersih.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.