Fashion History: Mengenal Sejarah Topi

Saat ini, topi merupakan salah satu item fashion yang sering melengkapi penampilan anda. Meski kini siapapun bisa mengenakan topi, dahulu tidak sembarangan orang mengenakan topi. Terdapat sejarah terbentuknya topi sebelum menjadi tren seperti sekarang. Berikut merupakan kilas balik perjalanan sejarah topi.

Ditemukan 3000 SM

Sejarah Topi dan Perkembangannya Dari Masa ke Masa

Para arkeolog berpendapat bahwa Venus of Brassempouy dari 26.000 tahun yang lalu menggambarkan topi. Salah satu topi yang awal dikenakan oleh seorang pria pada zaman perunggu disebut otzi. Ia ditemukan dengan tubuh membeku dengan topi kulit beruang di kepalanya. Sementara gambaran pertama topi muncul dalam lukisan pada makam di Mesir. Dalam gambar tersebut terdapat pria dengan topi jerami dengan bentuk kerucut.

Topi Pada Abad Pertengahan

Potret Perempuan Cantik dan Seksi pada Awal Abad ke-20 - Global Liputan6.com

Memasuki tahun setelah masehi, topi untuk kaum wanita berbentuk hennin (hiasan kepala berbentuk kerucut ‘menara’) dan digunakan oleh kaum bangsawan. Kemudian munculah istilah bonnets yaitu jenis topi yang sekarang modelnya semakin besar yang dihiasi pita, bunga dan bulu. Lalu pada pertengahan tahun 1920an, saat itu wanita mulai memotong pendek rambutnya dan memilih topi dengan bentuk helm.

Perkembangan Topi Topi-topi flamboyan kembali mendobrak fashion dunia pada abad ke 21. Banyak perancang membuat kreasi topi dengan memadukan dengan topi zaman dulu seperti turban dan tall headpieces. Salah satu artis yang sering mengenakan topi sebagai fashion itemnya adalah Lady Gaga. Kini topi tak hanya sebagai item fashion saja, tetapi juga sebagai pelindung kepala seperti hard hat yang berfungsi untuk melindungi kepala pekerja konstruksi.

Categories: Fashion, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.