Kenali Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Anda

Kecerdasan kinestetik berhubungan dengan perkembangan motorik dan gerak aktif tubuh dalam berekspresi dan mengenal lingkungan si kecil. Kecerdasan kinestetik adalah kondisi dimana si kecil sangat dominan menggunakan tubuhnya untuk mengekspresikan diri, dan mereka memiliki kemampuan memproses informasi secara fisik, lewat gerakan tangan, tubuh, ekspresi, tentunya memiliki kelihaian bergerak yang lebih.

Ciri-Ciri Anak dengan Kecerdasan Kinestetik

Gemar Bereksperimen

Žaidimo su plastilinu privalumai - ToyStory.lt

Anak dengan kecerdasan kinestetik yaitu gemar bereksperimen, berakting, bermain adu peran atau role play, penelitian di laboratorium pun bisa jadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi mereka. Anda bisa membuat kelas drama dirumah bersama si kecil tetapi si kecil akan merasa bosan jika harus mendengarkan anda bercerita, sebaiknya ajak si kecil untuk memerankannya.

Aktif Bergerak

Cara Menstimulus Kecerdasan Kinestetik Anak Halaman all - Kompasiana.com

Anak dengan tipe kecerdasan kinestetik membuat mereka benar-benar aktif bergerak, terutama saat menerangkan sesuatu ketika berbicara atau bercerita. Gerakan tubuhnya yaitu upaya untuk menunjukkan ekspresi diri, karena aktif bergerak si kecil tak ragu untuk menyetuh objek yang membuatnya penasaran. Aktivitas seperti merakit mainan, menyusun balok, dan melakukan aktivitas outdoor akan sangat menarik bagi si kecil.

Memiliki Memori Fisik yang Baik

Anak Cukup Aktif, Bisa Jadi Punya Kecerdasan Kinestetik

Tidak hanya otak yang memiliki memori tetapi otot juga memiliki memori. Otot tubuh sebagai penggerak utama dapat mengenali jenis-jenis gerakan juga mengingat tekstur, anak dengan kecerdasan kinestetik dapat bergerak lebih luwes dan responsive. Gerak yang dilakukan oleh si kecil juga lebih cepat dan akurat karena otot tubuh mereka memiliki memori baik dan memiliki kemampuan memori fisik yang jauh lebih baik.

Tidak Betah Hanya Membaca

Serba-serbi Aman Berjemur untuk Anak-Anak di Masa Pandemi Corona Covid-19 -  Lifestyle Liputan6.com

Anak dengan kecerdasan kinestetik lebih memilih mencoba hal baru secara langsung ketimbang menyimak lewat buku, mereka juga lebih tertarik interaksi dengan komputer atau keyboard ketimbang dengan membaca saja. Ajak si kecil untuk terlibat dengan alam daripada hanya melihat gambar, biarkan si kecil menyentuh dan melihat langsung jenis tumbuhan yang ada di dekatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.