Spotlight Effect: Fenomena Ketika Berpikir Anda Menjadi Perhatian

Spotlight effect merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang selalu berlebihan memandang dirinya menjadi sorotan di publik. Biasanya, orang yang mengalami spotlight effect akan cenderung berpikir dirinya menjadi sorotan setiap saat. Hingga merasa semua orang selalu memperhatikannya dan menyoroti segala tingkah lakunya. 

Apakah Anda pernah di suatu tempat yang ramai lalu merasa busana yang Anda gunakan aneh? Padahal orang-orang sibuk dengan kegiatannya dan tidak memperhatikan Anda. Kondisi ini terjadi saat Anda terlalu memperhatikan diri sendiri dan selalu beranggapan jika semua orang memiliki pandangan yang sama dengan Anda. 

Spotlight Effect dapat memicu kecemasan sosial

Atasi Spotlight Effect dengan Beberapa Cara Ini | Indozone.id

Kondisi ini dapat memicu gangguan kecemasan sosial dan akan memperburuk keadaan Anda. Jika perasaan spotlight effect sudah berlebihan, akan berpengaruh kepada kemampuan diri Anda untuk beraktivitas dan ketika berasa di sekitar orang lain. Sebenarnya merasa malu di publik adalah hal yang wajar, namun ketika muncul perasaan berlebih ini akan memicu adanya gangguan kecemasan.

Spotlight effect muncul dari adanya bias kognitif atau kesalahan dari penalaran. Biasanya ini dialami karena adanya pengalaman dari waktu ke waktu yang masih berputar diingatan. Pengalaman ini biasanya tidak akurat, ketika Anda berpikir semua orang akan memikirkan hal yang sama tentang Anda ini disebut sebagai realisme naif. 

Bagaimana cara menghadapi spotlight effect?

5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri Halaman all - Kompas.com

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan pandangan orang lain kepada Anda akan memberikan dampak negatif pada kepercayaan diri sehingga dapat muncul gangguan kecemasan sosial. Hal yang perlu diingat adalah semua orang sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan tidak akan memperhatikan Anda.

Apalagi jika Anda berada di tempat ramai atau tempat yang jarang Anda datangi. Jika Anda melakukan kesalahan, orang-orang tidak akan mengingatnya dan mungkin Anda tidak akan bertemu lagi dengan orang-orang di tempat tersebut. Cukup fokus dengan diri Anda dan tidak perlu perdulikan pandangan orang lain. 

Jika kondisi ini sudah tidak dapat ditangani sendiri dan muncul perasaan lebih dari sekadar perasaan gugup, Anda perlu mendapatkan perawatan dari psikolog. Jika mendatang profesional, Anda akan dibantu untuk merasa lebih percaya diri dan tidak lagi merasa cemas berlebih dalam berbagai hal.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.