Tips Menghadapi Strict Parents

Strict parents adalah orang tua yang suka mengatur anaknya dengan kemauannya sendiri dan cenderung lebih memaksa tanpa mendengar pendapat anaknya. Biasanya, strict parents memiliki ekspektasi berlebihan untuk anaknya dan ketika ekspektasi tersebut tidak tercapai akan merendahkan si anak. Sehingga sang anak akan tumbuh dengan rasa tertekan dan menjadi pribadi yang sering menyalahkan dirinya sendiri.

Akibatnya, sang anak akan melakukan sesuatu dengan rasa takut kepada orang tuanya, bukan karena didasari keinginan sendiri. Memang, setiap orang tua memiliki caranya tersendiri dalam mendidik anak. Namun, menjadi strict parents yang selalu mengekang anak tidak baik pula. 

Meskipun tidak mudah sebagai anak untuk menghadapi strict parents, berikut tips yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi strict parents.

Luangkan waktu untuk me time

Me Time Sederhana Ini Bisa Dilakukan Kapan Saja – RuangObrol

Menghadapi orang tua yang mengekang sangat menguras energi, belum lagi dengan berbagai tuntutan yang sulit Anda penuhi. Untuk itu, Anda dapat rehat sejenak untuk me time dan mengisi energi. Caranya dapat dengan pergi ke tempat yang Anda sukai atau menyendiri di tempat yang tidak ramai untuk menikmati suasana yang tenang.

Menerima keadaan orang tua

Teenagers with strict parents 'struggle in later life', new study suggests

Terlepas dengan perlakuan orang tua yang membuat Anda tidak nyaman, tidak ada salahnya untuk memaafkan dan menerima kondisi orang tua meskipun tidak mudah. Anda tidak bisa untuk memaksakan mereka menjadi orang tua yang ideal, apalagi dalam waktu singkat. Hal terbaik adalah menerimanya dan tetap fokus kepada diri Anda sendiri.

Berusaha alihkan kepada pembicara yang positif

Remaja Mulai Jaga Jarak dengan Orangtua, Ajak Ngobrol Ini

Jangan sampai Anda terbawa emosi dalam perbincangan dengan orang tua ketika mereka membahas keinginannya. Alih-alih berdebat dan terjadi keributan yang dapat memperburuk hubungan dengan orang tua, Anda dapat mengalihkan pembicaraan. Dari pembahasan yang tidak enak, Anda dapat membahas hal lain yang lebih menyenangkan, mengenai liburan misalnya. 

Konsultasi dengan ahli

Anak Tidak 'Bermasalah', Bolehkah Dibawa ke Psikolog?

Jika kondisi orang tua sudah terlalu over protecting dan mengganggu kesehatan mental Anda, dapat dikonsultasikan kepada ahli. Melakukan konseling dengan psikolog akan membuat Anda menemukan titik terang dari permasalahan yang dihadapi. Atau jika memungkinkan, Anda sekeluarga dapat turut konsultasi bersama demi hubungan yang lebih. 

Categories: Love Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.