Hati-Hati, Penyakit Jantung Dapat Menyerang Siapa Saja!

Tahukah Anda, menurut World Health Organization (WHO), penyakit arteri koroner atau biasa dikenal dengan penyakit jantung iskemik merupakan penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia. Melansir Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, peningkatan penduduk yang menderita penyakit ini sebanyak 7-12,1%.

Penyakit jantung dapat menyebabkan kematian mendadak tanpa adanya trauma sebelumnya, hal ini biasa disebut Sudden Cardiac Death. Jangan disepelekan, mayoritas orang yang mengalami kematian mendadak karena penyakit jantung ini berada pada usia 30-40 tahunan. 

Mengutip dari penelitian yang dirilis oleh Journal Circulation dari sebanyak 28.000 pasien penderita serangan jantung, sekitar 30% diantaranya berada pada rentang usia 35 hingga 54 tahun. Belakangan ini, kematian karena penyakit jantung koroner bahkan menyerang masyarakat usia 25-30 tahunan.

Sebenarnya, mengapa penyakit jantung dapat menyerang masyarakat yang lebih muda? Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebabnya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi, kurang olahraga, terlalu sering merokok, dan minum minuman beralkohol dapat memicu berbagai penyempitan pembuluh darah.

Gejala paling awal yang dirasakan adalah rasa nyeri pada dada yang begitu dahsyat, hal ini disebut dengan angina pectoris. Anda akan merasakan dada yang begitu berat dan panas juga sesak, durasinya sekitar 15-20 menit dan dapat menjalar ke organ tubuh lain. 

Umumnya, gejala ini berlangsung secara tiba-tiba baik ketika tengah beraktivitas maupun sedang diam. Namun, terdapat pula penderita penyakit jantung yang mengalami kematian mendadak tanpa adanya gejala tertentu.

Untuk mencegah berbagai bayang-bayang menyeramkan dari penyakit jantung, sudah sebaiknya Anda mulai menjalani pola hidup sehat. Selain itu, para tenaga kesehatan sangat menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini gejala penyakit jantung.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.