Bermasalah dengan Rambut Rontok? Ini Makanan yang Dapat Mengurangi Rambut Rontok

Apakah Anda sering mengalami rambut rontok? Menurut American Academy of Dermatology, kehilangan rambut antara 50 hingga 100 helai rambut sehari masih dalam batas ambang normal. Hal tersebut terjadi karena rambut terus bertumbuh dengan rambut yang baru. Namun perlu diwaspadai jika terjadi penipisan rambut dan rontok dalam jumlah yang tidak wajar. 

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok, umumnya karena faktor bertambahnya usia. Cara mencegah kerontokan rambut juga memiliki banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat memberikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. 

Asupan nutrisi yang cukup dapat membantu folikel–pori kecil di kulit rambut yang menjadi tempat tumbuhnya rambut– menjadi sehat dan kesehatan rambut dapat terjaga. Untuk memenuhi nutrisi kesehatan rambut, ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi. Berikut ini makanan yang dapat mengurangi rambut rontok.

Telur

Amankah konsumsi telur mentah

Telur kaya akan kandungan vitamin B dan memiliki kandungan biotin yang tinggi, keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Selain itu, telur juga mengandung zat besi, zinc, dan omega 6 yang juga bagus untuk pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, telur menjadi makanan yang bagus untuk pencegahan rambut rontok. 

Bayam 

Bayam memiliki kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C yang dapat membantu folikel rambut tetap sehat. Kekurangan zat besi dapat menjadi penyebab utama terjadinya kerontokan rambut. Anda dapat mengkonsumsi bayam untuk mengurangi rambut rontok. 

Alpukat 

Payudara Bisa Besar dengan Makan Alpukat, Benarkah?

Menurut studi dari Tropical Life Sciences Research, orang yang mengalami rambut rontok mengalami pertumbuhan rambut lebih cepat setelah mengkonsumsi vitamin E. ini karena vitamin E menjadi sumber antioksidan yang baik untuk membantu sel melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan folikel rambut. Alpukat memiliki kandungan vitamin E dan sumber lemak sehat yang baik untuk rambut. 

Kacang dan biji-bijian

Alasan Kenapa Kacang dan Biji-bijian Jadi Camilan Tepat saat Bekerja Dari  Rumah | YesDok

Anda dapat mengkonsumsi kenari, kacang almond, biji chia, dan lainnya yang kaya akan zinc, vitamin E, dan omega 3. Kacang dan biji-bijian dengan kandungan tersebut dapat mengurangi kerontokan rambut. Selain mencegah rontok, kacang dan biji-bijian jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.